ABS Pro, Bekerja Optimal Saat Menikung

0
51
ABS-Pro-BMW-Models
ABS Pro bekerja dengan mengurangi gaya yang menyebabkan ketidakstabilan yang terjadi saat melakukan pengereman cepat saat menikung. Foto: BMW

Jerman (naikmotor) – Model-model BMW Motorrad 2016, telah dilengkapi dengan sistem rem ABS yang lebih cerdas, ABS Pro. Seperti pada model adventure R1200GS.

Sebenarnya sejak 2009, fitur ABS Pro diterapkan pada model superbike S1000 RR. Agar kerja ABS menjadi lebih halus lagi terutama saat menikung. Sebab meski sistem rem telah dilengkapi ABS, tetapi mengerem sambil menikung tetap tak terlepas dari hukum fisika, jika terlalu cepat tekanan rem, ban akan kehilangan traksi dan sepeda motor akan tergelincir.

Namun ABS Pro hanya bekerja pada mode pengendaraan Rain dan Sport, sehingga dipastikan ABS Pro diperuntukkan untuk pengendaraan di jalan raya. ABS Pro bekerja dengan mengurangi gaya yang menyebabkan ketidakstabilan yang terjadi saat melakukan pengereman cepat saat menikung.

ABS Pro akan menghitung sudut kemiringan motor, yaw rate dan deselerasi yang terjadi, atas masukan dari sensor-sensor, salah satunya sensor giroskopik. Data yang sama digunakan juga oleh fitur Dynamic Traction Control dan Dynamic Damping Control.

Ketika motor semakin miring, tekanan rem akan dikurangi bertahap. Tekanan impulse juga akan lebih perlahan. Sehingga ban motor tetap mempunyai daya cengkram lebih baik terhadap jalan. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*