Berkolaborasi dengan KTM, Piaggio Kembangkan Skuter Listrik

0
128
Piaggio Quadra 4
PIaggio Quadro4 menjadi salah satu platform yang diajukan Piaggio daalam pengembangan skuter listrik bersama KTM yang ikut diduung oleh Uni Eropa.

Italia (naikmotor) – Uni Eropa telah memutuskan mendanai proyek pengembangan skuter listrik, yang akan diproduksi mulai 2018. Pabrikan yang ditunjuk pastinya dianggap punya kompetensi, yakni Piaggio. Selama proses pengembangannya Piaggio akan dibantu oleh KTM.

Model skuter listrik tersebut harus mampu menjadi komuter yang efektif menggantikan mobil, demikian pula secara biaya. Petinggi EU pun tak salah jika menunjuk dua pabrikan sepeda motor yang sudah terbukti ketangguhannya unruk mengembangkan proyek tersebut.

Piaggio dan KTM pun masih akan dibantu oleh berbagai industri yang ahli di bidangnya. Seperti Bosch yang terbaik dalam teknologi elektronik otomotif, sepergi produk terakhirnya ABS Pro, sistem pengereman untuk sepeda motor yang efektif saat menikung.

Proyek bahkan menjadi kolosal ketika sejumlah perguruan tinggi di Eropa dilibatkan seperti University of Warwick dari Inggris.

Proyek yang dimaksudkan mengalihkan pemilik mobil menjadi pengendara sepeda motor tersebut dinamakan sebagai Resolve atau Range of Electric Solutions for L-category Vehicles. Model komuter urban yang diwujudkan harus memenuhi syarat seperti efektif secara biaya, efisien penggunaan energinya, dan nyaman sebagai ELV atau Electric L-category Vehicles.

Saat ini Piaggio telah menunjuk model yang ada menjadi platform komuter urban tersebut yakni kategori moped L2e dan lainnya ukuran lebih besar L6e yang sosoknya serupa dengan Piaggio Quadro 4. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*