BMW Motorrad Patenkan Model Skuter Anyar

0
Paten-Skuter-BMW-Motorrad
BMW Motorrad diketahui telah mendaftarkan paten skuter model anyar dengan ukuran lebih kecil ketimbang model yang dimilikinya sekarang. Foto: Motorcycle

Munich(naikmotor) – BMW Motorrad telah mendaftarkan patent sebuah rancangan skuter berukuran kecil ke World Intellectual Property Organization.

BMW sebenarnya telah memiliki tiga model skuter di pasaran. Yakni, skuter listrik C evolution, dan Twin-cylinder C600 Sport serta C650GT. Tetapi semua model tersebut dianggap sebagai maxi scooter atau skuter bongsor yang bertenaga sekelas sepeda motor dengan kemudahan twist and go.

Tetapi dengan dokumen patent menunjukkan kali ini giliran skuter yang bermesin lebih kecil yang dilirik pabrikan dari Bavaria tersebut.

Dokumentasi paten memang tidak menunjukkan detail mengenai mesin, tetapi pada rancangan tersebut tampak rangkaian sistem peredam getaran bagi sebuah mesin silinder tunggal.

Selaim itu keterangannya menjelaskan mesin single tersebut ditautkan pada swingarm. Tetapi itu sudah menggambarkan kalau mesin berbeda dengan jajaran mesin BMW yang ada saat ini.

Rangkanya pun tampak baru tidak sama dengan model-model BMW saat ini. Shockabsorber belakang tampak diposisikan vertikal terhadap bagian belakang swingarm.

Padahal pada C600 dan C650GT justru shockabsorber diletakkan horizontal terhadap rangka. Sedangkan pada C evolution sudut peredam maju ke arah jok.

Memang ,BMW saat ini tampaknya tengah menuju solusi untuk menutup perbedaan kapasitas mesin dibandingkan produk pabrikan lainnya.

Seperti Piaggio Beverly dengan 330cc atau BV350, Honda PCX 153cc, atau Kymco Downtown 300i. Hal ini memungkinkan BMW menggunakan mesin antara 150-300cc.

Melihat ukuran pelek pada rancangan sebenarnya masih memungkinkan untuk penggunaan yang lebih besar dari rentang kapasitas tadi. Tetapi masih lebih kecil dibandingkan model BMW yang ada.

Sayangnya, belum ada keterangan tambahan tentang kapan BMW akan mulai memproduksi model skuter kecil tersebut. Walaupun dengan adanya rancangan paten tersebut menunjukkan kalau BMW telah lama masuk tahap pengembangannya. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*