Modifikasi Yamaha Scorpio Scrambler Ala Yamaha TW

0
Yamaha Scorpio
Terlanjur kepincut Yamaha TW membuat Eka Aditya Wirawan akhirnya membangun Yamaha Scorpio bergaya Yamaha TW. Foto: Bayu Nupatria

NaikMotor – Terlanjur kepincut Yamaha TW membuat Eka Aditya Wirawan susah tidur. Daripada cuma ‘ngebet’ ia pun akhirnya membangun Yamaha Scorpio lansiran 2005 bergaya layaknya Yamaha TW.

Namun konsepnya bukan meniru Yamaha TW, hanya detailnya saja yang diambil yakni ban gendut. Konsep keseluruhannya tetap scrambler tapi dengan cita rasa motor anak pantai serta terdapat unsur etnik Bali.

Yamaha Scorpio

“Awalnya saya suka dengan tampilan Yamaha TW. Itu konsep awal, kemudian karena saya kelahiran Bali, maka saya ingin motor saya ada unsur nuansa pantai dan warna biru yang muncul serta lukisan Barong,” katanya.

Untuk merealisasikan konsepnya, Eka mempercayakan pengerjaan kepada Protechnic Moto yang berlokasi di bilangan Rempoa, Tangsel. Ari Supriyanto, sang builder pun gerak cepat mewujudkan keinginan Eka.

Yamaha Scorpio

“Pemilik ingin motornya berbentuk Scrambler tapi bannya gendut, dia suka Yamaha TW. Inginnya dengan ban besar supaya motornya tidak terlihat kecil,” kata Ari yang lagi ternak bebek 2-tak jadul.

Rangka Yamaha Scorpio standar digusur, Ari membuatkan subframe baru untuk mendapat proporsi scrambler. Semua bodi mulai dari fender depan belakang, tangki dan side cover dari aluminium tebal 3 mm.

Yamaha Scorpio

“Paling susah bikin tangki karena banyak tekukan. Pengerjaannya mesti rapih karena hasil akhir tidak di cat, hanya diekspos dengan pernis. Paling tangki dikasih lukisan Barong buat aksen aja,” pungkas Ari.(Agl/nm)

Spesifikasi Modifikasi Yamaha Scorpio

Ban Depan : Shinko SR428 130/80-18
Ban Belakang : Shinko SR428 180/80-14
Teromol Depan : Custom Scorpio
Teromol Belakang : Hyosung
Handel Kopling : Trail Yamaha YZ
Master Rem Depan : Tokico ZX-636
Fork Depan : ER6 Kawasaki USD  ZX-636
Lampu Depan : Variasi
Lampu Belakang : Variasi
Riser : DBS
Rangka : Kustom
Tangki : Kustom Alumunium

LEAVE A REPLY