Komentar Rossi di Hari Pertama Tes MotoGP Sepang dan Gaya Vinales

0
Hari Pertama Tes MotoGP Sepang
Valentino Rossi menjajal versi asli dari Yamaha M1 2017 di Sirkuit Sepang. Foto: Crash Media

NaikMotor – Valentino Rossi melewati hari pertama tes MotoGP Sepang, Malaysia (30/1/2017) dalam kondisi kurang prima. Beberapa jam menjelang tes, The Doctor menderita sakit kepala luar biasa, tapi tetap nekat turun ke lintasan.

Pada tes kali ini, Rossi dan Maverick Vinales mencoba versi asli dari motor Yamaha M1 yang akan digunakan musim 2017. VR46 merasa puas dengan performa motor barunya, meskipun tidak bisa mengerahkan kemampuan maksimal sepanjang tes.

Masalah pada roda belakang yang dirasakan Rossi pada paruh kedua kompetisi musim lalu sudah tidak lagi ditemukan pada motor Yamaha M1 2017. Sektor elektronik dan mesin bekerja dengan baik, dan berhasil membawa Vinales menjadi pembalap tercepat ketiga, sedangkan Rossi yang masih merasa pusing bisa mendapatkan waktu lap tercepat kedelapan.

“Motor baru ini lebih baik. Hari ini sangat menyenangkan bisa mencoba motor sesungguhnya yang akan digunakan pada kompetisi tahun ini. (Tim) bekerja sangat baik di Jepang, mereka bekerja keras dan membuat motor lebih baik dibandingkan versi prototype yang dicoba bulan November (pada Tes MotoGP Valencia),” papar Rossi dikutip dari Crash.

Dalam sesi tes hari kedua, Yamaha akan mencoba sasis baru yang sudah dikembangkan dari versi prototype, berdasarkan masukan dari Rossi dan Vinales. “Besok kami akan menggunakan sasis baru yang sedikit berbeda, setelah kami memberikan masukan pada (motor) versi prototype. Motor ini sangat bagus dari segala aspek. Tapi tentunya kami masih harus meningkatkan kemampuannya,” ujar Rossi.

Di hari pertama tes MotoGP Sepang, pembalap berusia 37 tahun itu juga mengomentari gaya balap rekan setimnya. Ia menganggap Vinales punya gaya yang nyaris identik dengan Jorge Lorenzo.

“Dia sangat cepat. Gaya balapnya, khususnya pada saat pengereman dan cara memasuki tikungan sama dengan Lorenzo. (Tapi) Lorenzo punya gaya yang khas. Dia bagus dalam pengereman, juga saat berakselerasi, dia mendirikan motor di waktu yang tepat (saat keluar tikungan). (Soal cara keluar tikungan) tergantung dari bentuk tikungannya, tapi dalam berakselerasi saya katakan Vinales melakukannya dengan biasa saja. Lorenzo punya cara yang berbeda,” urai pembalap yang baru pulang liburan dari Labuan Bajo itu. (Yudistira/nm)

 

LEAVE A REPLY

*