Honda Favorit di MotoGP Brno, Yamaha Mengancam di Chicane dan Elevasi

0
Honda-Diunggulkan-MotoGP-Brno-2015
Meski Honda masih diunggulkan di MotoGP Brno, Yamaha mengancam di zona perubahan elevasi dan tikungan chicane. Foto: HRC

Brno (naikmotor) – Sirkuit Brno yang terletak di Republik Ceko, menjadi destinasi para pembalap MotoGP akhir pekan ini. Meski akan jadi putaran kedua di paruh kedua musim balap 2015, namun intensitas pertarungan pembalap, justru baru dimulai di sana.

Jorge Lorenzo yang berada di urutan kedua, berhasil memperkecil selisih poinnya dari 13 poin menjadi tersisa 9 poin dari pemimpin klasemen sementara yaitu Valentino Rossi.

Namun yang menjadi sorotan paling besar, adalah karena sirkuit ini sangat mendukung performa motor Honda RC213V. Karakternya yang sedikit stop and go, membuat para pembalap yang menggunakan motor Honda mampu memanfaatkan performa terbaik motornya. Mereka punya kekuatan di zona akselerasi dan stabilitas saat pengereman.

Marc Marquez yang tahun lalu gagal meraih hasil bagus di sana, kali ini membawa semangat tinggi usai meraih kemenangan di MotoGP Indianapolis (9/8/2015) lalu sekaligus 700 kemenangan Honda. Apalagi tahun 2013 lalu, Ia juga sempat merasakan podium kemenangan.

Namun yang paling merasa berada di atas angin adalah Dani Pedrosa.  Pembalap bertubuh mungil itu punya perjalanan historis cukup manis di Brno. Ia bahkan mampu meraih kemenangan di semua kelas yang Ia ikuti. Yaitu pada tahun 2003 saat masih berlaga di kelas GP125, lalu tahun 2005 saat di GP250 dan tahu 2012 dan 2014 saat berada di kelas MotoGP.

Lalu bagaimana dengan kesempatan duo pembalap Yamaha di sana? tentunya tidak bisa dipandang dengan sebelah mata. Lantaran Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi juga beberapa kali mampu tampil apik di sana. Dan rasanya aplikasi strategi yang bakal mereka terapkan, takkan berbeda dengan strategi di MotoGP Indianapolis.

Namun keunggulan Yamaha yang patut diwaspadai oleh Honda adalah di zona perubahan elevasi dan tikungan-tikungan S alias chicane. Lantaran baik Lorenzo maupun Rossi, selalu bisa tampil cepat dan bahkan menyusul lawan di tipe tikungan seperti ini.

Lalu bagaimana kesempatan tim manufaktur lain untuk meraih kemenangan seperti Ducati yang tahun ini tampil apik di awal musim? Kemungkinan masih akan belum bisa menyaingi para pembalap Honda dan Yamaha. Kecuali memang ada tawaran paket baru yang mampu mereduksi lap time di sana. Sementara itu untuk tim Suzuki Racing, rasanya masih akan terpaut masalah yang mereka alami selama ini, yaitu akselerasi dan di zona pengereman. Kita tunggu pembuktiannya nanti. (Spy/NM)

LEAVE A REPLY