BMW Concept Stunt G 310, Ketika BMW Mulai Genit

0
BMW-Concept-Stunt-G-310-lead
BMW memperkenalkan Concept Stunt G310 di Brazil yang akan dihadirkan di EICMA mendatang dengan mesin 310cc hasil pengembangan Chris Pfeiffer, stuntrider ternama. Foto: BMW

Brazil (naikmotor) – Lain di India, lain di Brazil. BMW Motorrad terkecil berkapasitas 300cc hasil kolaborasi dengan TVS India tengah diuji coba di dekat pusat produksi TVS di Chennai. Prototipe yang dilabur hitam itu berkode K03. Tetapi di Brazil, BMW memperkenalkannya sebagai Concept Stunt G310, dan akan dihadirkan di EICMA mendatang.

Stunt G310 bersilinder tunggal 310cc, tetapi posisinya unik, silinder head miring ke belakang bukan sebaliknya seperti umumnya desain silinder mesin motor. Tujuan desain demikian agar desain wheelbase pendek, dan swingarm yang panjang.

Desain unik lainnya, penempatan silincer knalpot vertikal, tepat di kanan shockabsorber belakang. Tujuannya untuk melindungi dari kerusakan jika terjadi benturan.

Meski konsep diragukan akan ditawarkan dalam warna dan gayanya yang cerah jika motor diproduksi, mengingat kultur BMW, tetapi konsep memang ditujukan untuk anak muda. Di BMW, ada Chris Pfeiffer, stuntrider veteran yang turut membantu perancangan konsep. Beberapa fitur juga merupakan buah pikirannya, seperti throttle bisa dikunci, jika stunt rider lepas tangan saat beraksi. Gear ratio low pun diterapkan untuk akselerasi lambat tapi bertorsi. Sementara cakram belakang berukuran besar untuk pengereman yang pakem.

Untuk keperluan atraksi, tuas rem kedua ditandem dengan tuas kopling, berguna saat kaki kanan pengendara tak berada di motor, sedangkan rem belakang mesti diaktifkan. Paket stunt lainnya adalah crash bar, axel peg dan stunt tail.

Sepertinya, BMW mulai imut genit.(Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here