Inilah 4 Kota dengan Pengelolaan Keselamatan Jalan Terbaik IRSA 2015

1
Pemenang-IRSA-2015
Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2015 menganugerahkan penghargaan kepada pemerintah kota dan kabupaten di Indonesia untuk tata kelola keselamatan jalan terbaik. Foto: Arif

Jakarta (naikmotor) – Surabaya, Jepara, Balikpapan dan Hulu Sungai Selatan terpilih sebagai kota dan kabupaten terbaik di Indonesia dalam pengelolaan tata keselamatan jalan melalui Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2015 yang digelar oleh Adira Insurance.

Tahun ini IRSA diikuti total 76 kota dan kabupaten masing-masing 61 kota dan kabupaten hasil pendaftaran (partisipatif) serta 15 kota dan kabupaten (non partisipatif) atau hasil rekomendasi

IRSA merupakan satu bentuk penyebaran gerakan keselamatan di jalan dari Adira Insurance yang merupakan lanjutan dari kampaye “I Wanna Get Home Safely (IWGHS)”. Tujuannya mendorong penerapan tata kelola keselamatan jalan yang semakin baik dan role model bagi pemerintahan kota atau kabupaten tentang pengelolaan keselamatan di jalan.

Selain itu IRSA bertujuan untuk memperoleh feedback terkait tata kelola keselamatan jalan di lingkungan pemerintah kota atau kabupaten serta apresiasi kepada mereka yang telah menerapkan tata kelola keselamatan jalan tersebut.

“Kami senang karena peserta IRSA 2015 mengalami peningkatan (peserta metode partisipatif) mengalami kenaikan 64% dari tahun lalu. Dan total indeks keselamatan jalan mengalami peningkatan selama pelaksanaan IRSA tiga tahun ini ,” buka Indra Baruna, CEO Adira Insurance di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (3/11/2015).

Para pemenang mengacu pada lima pilar dalam Rancangan Umum Nasional Keselamatan Jalan (RUNK) yakni:

-Pilar 1: Manajemen Keselamatan Jalan
-Pilar 2: Jalan yang Berkeselamatan
-Pilar 3: Kendaraan yang Berkeselamatan
-Pilar 4: Perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamatan
-Pilar 5: Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan

Setelah melihat data dan penjurian ketat, nama Surabaya (Jawa Timur), Balikpapan (Kalimantan Timur), Jepara (Jawa Tengah) dan Hulu Sungai Selatan (Kalimantan Selatan) sebagai pemenang. Berikut daftar pemenang IRSA 2015

    1. Surabaya: Kota dengan penduduk di atas 1 juta jiwa
2. Balikpapan: Kota dengan penduduk di bawah 1 juta jiwa
3. Jepara: Kabupaten dengan penduduk di atas 1 juta jiwa
4. Hulu Sungai Selatan: Kabupaten dengan penduduk di bawah 1 juta jiwa

Selain itu, ada juga kategori khusus yang terdapat pada IRSA 2015. Kabupaten Kudus (Jawa Tengah) mendapatkan anugerah sebagai Kota atau Kabupaten dengan Inovasi Terbaik dalam Program Tata Kelola Keselamatan Jalan.

Sementara Tangerang mendapatkan penghargaan dari kategori Kota atau Kabupaten dengan Peningkatan Indeks Total Keselamatan Jalan Terbaik.

“Atas nama perusahaan, saya ingin memberikan apresiasi tertinggi kepada seluruh finalis Indonesia Road Safety Award 2015 yang terus berusaha untuk meningkatkan kualitas tata kelola keselamatan jalan di daerahnya masing-masing,” ujar Indra.

“Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu pelaksanaan IRSA yaitu Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri, Kementerian Kesehatan, Global Road Safety Partnership, Masyarakat Transportasi Indonesia, dan para pennggiat road safety lainnya sehingga IRSA dapat terlaksana dengan baik,” ujar Indra.

Sementara Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menyambut baik pelaksanaan IRSA 2015.” Saya suka dengan adanya IRSA ini karenanya setiap tahun harus ada termasuk melibatkan pemerintah daerah. Setiap kecelakaan harus mendapat respons yang sama oleh setiap stakeholder,” ujar Jonan. (Arif/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY