Biar Awet, Simpan Ban Motor dengan Baik dan Benar

0
Review Pirelli Diablo Rosso

NaikMotor – Menyimpan ban tidak bisa sembarangan. Biar tetap awet dan bisa dipakai kembali, ada beberapa cara menyimpannya.

Sobat naikmotor.com. Memodifikasi sepeda motor tidak harus ekstrem, terkadang beberapa pemiliknya menganut aliran sederhana. Contohnya hanya dengan mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar.

Nah, bagimana cara menyimpan ban sebelumnya agar tetap awet dan bisa digunakan kembali di kemudian hari. Andre Satrio Kusumo Wijoyo selaku Manager Motorsport Pirelli Asia membeberkan cara tersebut.

Diablo Rosso Sport 14
Salah satu cara menyimpan ban dengan benar adalah posisi berdiri dan dijejer.. Foto: istimewa

“Yang pertama adalah jangan terpapar langsung sinar matahari, kemudian simpan dengan posisi berdiri dan berjejer. Hindari dari ruangan yang sudah terkontaminasi oli. Selain itu, hindari juga kontak langsung dengan air atau ruangan yang lembab,” paparnya.

Andre juga menjelaskan jangka waktu penyimpanan serta umur maksimal ban. “Ban motor jika di bawah 5 tahun masih layak digunakan, asal penyimpanannya benar.”

Salah satu pembalap team AHRT saat mencoba ban Pirelli lansiran 2016 di Sirkuit Sentul. Foto: Yusuf Arief

Sebagai informasi, Pirelli beberapa hari yang lalu menguji ketahanan ban lansiran 2016ta kelayakan pakai di Sirkuit Sentul. Tak tanggung-tanggung, Pireli mendatangkan dua tim balap kawakan. Yaitu Astra Honda Motor Racing Team dan Yamaha Racetech Cargloss.

Selama dua hari pengujian, masing-masing team yang menggunakan ban lansiran 2016 tersebut mengitari sirkuit hingga 50 lap. Terbukti, kondisi ban Pirelli tidak mengalami kerusakan dan masih layak digunakan. (Daus/Prob/NM).

LEAVE A REPLY