Pirelli dan KYB Gelar Coaching Clinic Saftey Riding Bareng Mo-Tourist ITB 85

0
Doddy MX sedang menunjukan skill melewati rintangan dengan Honda CRF250. Foto: Firdaus Ali

NaikMotor – Pirelli dan KYB gelar coaching clinic saftey riding bareng beberapa Mo-Tourist ITB 85. Menariknya, acara tersebut dihadiri beberapa alumnus jurusan seperti Teknik, Mesin dan Sipil.

Beberapa alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) pehobi sepeda motor yang tergabung di Moto-Tourist 1985 (Mo-Tourist 85) berkumpul gelar acara sharing session saftey riding bersama Pirelli dan KYB. Acara santai tersebut digelar di pelataran parkir ITS Tower, Pasar Minggu Jakarta Selatan, Minggu (16/8/2020).

“Acara santai aja, sekalian silaturahim dengan beberapa teman yang punya hobi riding. Kebetulan kami dari kuliah memang suka motor dan sesekali touring, jadi kami bikin acara ini agar lebih fasih dalam mengendarai sepeda motor yang baik dan benar,” terang Krisna, salah satu alumni ITB jurusan Teknik angkatan 1985.

Foto: Firdaus Ali

Senada dengan Krisna, Doddy MX yang merupakan salah satu alumni ITB sekaligus menjadi insturktur saftey riding kali ini juga mengungkapkan bahwa sharing mengenai saftey riding sangat perlu dipelajari agar berkendara lebih aman.

“Penting sekali karena teman-teman ini kan hobi sepeda motor dan sesekali touring. Jadi saftey riding harus melekat agar menjadi kebiasaan. Contohnya saat melakukan perjalanan jauh, badan harus luwes saat di atas motor. Hal lainnya seperti saat menikung dalam kecepatan rendah, badan harus refleks bergeser ke arah berlawanan agar tumpuan beban badan ada di kaki.”

“Namun, jika menikung dalam kecepatan tinggi hendaknya badan mengikuti arah tikungan dengan kaki (bagian paha) tetap menempel pada motor. Jangan ngangkang, itu malah akan menganggu keseimbangan, ” ujar Doddy.

Para Alumni ITB angkatan 1985 dari berbagai jurusan. Foto: Firdaus Ali

Antusiasme para alumni mengikuti coaching clinic tersebut terlihat jelas dari semangat saat praktik di lapangan, berbagai tikungan yang diseting untuk berlatih dilalui dengan apik setelah menyimak arahan dari Doddy MX.

“Intinya silaturahmi sesama anak 85 sambil diisi kegiatan yang bermanfaat yaitu coaching clinic safety riding yang diisi oleh mas Doddy,” tutup Putu, salah satu alumni ITB dengan tunggangan Honda Rebel 500 cc-nya.

Sementara itu, Andreas Somawidjaja selaku Head of Pirelli Department – Astra Otoparts yang juga hadir menjelaskan pentingnya coaching clinic saftey riding.

“Acara ini santai tapi serius, dikemas dalam suasana santai namun isi materinya serius. Coaching clinic saftey riding dari teori serta praktIk, para peserta yang hobi motoran harus mengetahui cara berkendara yang baik dan benar, mulai dari mengendalikan motor saat melaju, baik dalam kecepatan rendah atau tinggi,” tukas Andreas (Daus/Prob/NM).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here