Tanpa Marquez, Honda Belum Naik Podium di MotoGP 2020

0
Marc Marquez Absen
Marc Marquez akan absen 2-3 bulan untuk pemulihan. Foto: dorna motogp

NaikMotor – Untuk pertama kalinya dalam 38 tahun, dengan absennya pembalap inti mereka, Marc Marquez, Honda terpuruk. Sebab, belum meraih podium dalam 5 seri awal MotoGP 2020. 

Honda Racing Team (HRC) selalu menaiki podium kelas utama sejak tahun 1982, tapi, sayang seribu sayang, sampai saat ini, mereka belum berhasil menginjakkan kakinya di atas podium, padahal sudah melewati 5 balapan, yaitu GP Jerez, GP Andalusia, GP Ceko, GP Austria, dan GP Styria.

Sudah menjadi rahasia umum, keterpurukan yang sedang dialami tim Repsol Honda berkesinambungan dengan absennya Baby Alien, Marc Marquez. Pembalap Spanyol ini masih dalam proses penyembuhan karena kecelakaan yang ia alami di Jerez, 19 Juli lalu. Marquez sendiri sebelumnya telah berhasil memenangkan 6 kejuaraan dunia dalam 7 tahun dan memenangkan 56 balapan.

Marc memutuskan untuk absen hingga 2-3 bulan lagi, sampai ia dinyatakan sembuh total. Ia tidak ingin terburu-buru untuk kembali balapan. Hal itu juga sudah dikonfirmasi oleh Alberto Puig selaku Manajer Tim Repsol Honda yang mengatakan: “Ada banyak pembicaraan tentang pemulihan Marc dan tenggat waktu, tetapi sejak saat pertama, setelah operasi kedua, kami telah mengatakan bahwa satu-satunya tenggat waktu yang ada adalah bahwa ia sepenuhnya pulih dari kesembuhannya.”

honda motogp 2020
Foto: @HRC_MotoGP

Saat ini, Honda menumpukan harapannya pada Takaaki Nakagami dan Cal Crutchlow dari tim satelit LCR Honda Idemitsu dan Alex Marquez dari Repsol Honda. Kemarin di GP Styria (23/08/2020), Nakagami menunjukkan potensinya dengan berada di posisi 3 teratas sebelum red flag, namun ketika balapan berlangsung kembali, pembalap Jepang ini tidak berhasil mempertahankan posisinya dan berakhir di P7. Sementara, Alex di P16 dan Crutchlow P17.

Alex Marquez yang merupakan juara dunia Moto2 ini dikabarkan telah menunjukkan kemajuanya pada RC213V yang ia tunggangi. Rookie satu ini juga disebut-sebut hampir selalu bermain dengan ritme yang baik dan berhasil menempati beberapa posisi penting. Tim Repsol Honda sendiri sudah berhasil mengumpulkan 15 point hingga saat ini di MotoGP 2020. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here