Peduli Lingkungan, Pertamina Lubricants Luncurkan Program Tukar Oli dengan Sampah

0
Tukar Oli Dengan Sampah
Program Tukar Oli Dengan Sampah dari PT Pertamina Lubricants berlangsung di Gresik minggu lalu. Foto: Istimewa

NaikMotor – PT Pertamina Lubricants luncurkan program Tukar Oli dengan Sampah di Gresik. Sampah yang bisa ditukar adalah sampah kering, seperti kertas bekas dan botol plastik. 

PT Pertamina Lubricants lewat salah satu pabriknya, Production Unit Gresik (PUG), meluncurkan Program Corporate Social Responsibility (CSR) di bidang lingkungan, yaitu “Tukar Oli dengan Sampah” di Kedai Kopi Sampah, Sidokumpul, Gresik, Kamis lalu (27/08/2020).

Program menukan oli dengan sampah ini adalah bentuk kepedulian lingkungan dari CSR yang gerakannya diisi dengan mengajak masyarakat menukar sampah kering, seperti kertas bekas, kardus bekas, kaleng kosong, dan botol plastik dengan berat tertentu menjadi poin yang nantinya bisa ditukar dengan Pelumas Pertamina.

“Kami terus berkomitmen menjaga lingkungan dimana kami beroperasi termasuk pengendalian sampah. Dengan sinergi dan pembinaan perusahaan bersama Karang Taruna RW 07 Kelurahan Sidokumpul dan Kedai Kopi Sampah, kami berharap dengan adanya program Tukar Oli dengan Sampah ini, masyarakat bisa lebih termotivasi untuk menjaga dan mencintai lingkungan dengan membantu mengendalikan sampah disekitar mereka,” ujar Ifan Sri Widodo selaku SpV HSSE Production Unit Gresik PT Pertamina Lubricants.

Satu kilogram sampah kering dikonversi menjadi 1 poin, sementara poin terendah yang bisa ditukar yaitu 15 poin untuk 1 oli Enduro Gear. Lalu, untuk menukar dengan Enduro Matic G 0.8 L adalah 34 poin, Enduro Matic 0.8 L 40 poin, Enduro 4T 0.8L 37 poin, Enduro Racing 49 poin, dan Pelumas mobil Fastron Techno 1L 71 poin.

“Masyarakat tidak perlu membawa banyak sampah sekaligus, karena pengumpulan poin akan berbasis digital melalui aplikasi di Kedai Kopi Sampah sehingga memberikan kemudahan menabung sampah. Konsumen akan otomatis mendapatkan user id,” jelas Imam Wahyu, Ketua Karang Taruna RW 07 Kelurahan Sidokumpul.

“Tujuan utama adalah untuk mengedukasi masyarakat untuk mengendalikan sampah dan mengurangi timbunan sampah ke TPS melalui penabungan sampah hingga penukaran menjadi Pelumas,” lengkapnya.

PT Pertamina Lubricants akan terus mendukung semua kegiatan positif di lingkungan sekitar perusahaan, termasuk pengendalian sampah oleh Kedai Kopi Sampah. Nantinya, hasil sampah kering yang dikumpulkan oleh Kedai Kopi Sampah selanjutnya akan dikelola dan diolah menjadi kerajinan lampion oleh Karang Taruna Jagal Bangkit RW 7 Sidokumpul. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here