Stromer ST5 Sudah ABS, Sepeda Listrik ini Maju Selangkah

0
Stromer ST5 Sudah ABS
Stromer ST5 ebike pertama dengan sistem ABS terintegrasi. Foto: stromer

NaikMotor – Pada beberapa sepeda listrik yang cukup kencang, masalah yang dihadapi adalah slip saat pengereman. Tetapi ada inovasi seperti Stromer ST5 sudah ABS, pengereman pun lebih terkontrol.

Pabrikan sepeda dari Swiss ini mencoba membuat terobosan dengan e-bike Stromer sudah ABS. Sistem pertama yang diterapkan pada sepeda listrik ini terintegrasi dengan rangka.

Pada beberapa sepeda listrik yang cukup kencang, masalah yang dihadapi adalah slip saat pengereman. Tetapi ada inovasi seperti Stromer ST5 sudah ABS,

Meski sebenarnya Bosch perna membuat ABS untuk ebike. Tetapi modulnya ditempatkan di bawah stang, jadi tidak terintegrasi dengan sepeda.

Stromer sendiri tidak sendirian mengembangkan sistem ABS, sebab sistemnya dibuat oleh pabrikan Italia, Blubrake. Pada ST5, sistem mengandalkan sensor putaran roda depan, sistem rem hidrolik roda depan, dan layar informasi di top tube.

Jika sistem membaca roda depan berhenti berputar sementara ebike masih meluncur ke depan, sistem akan mengintervensi dengan memodulasi tekanan hidrolik rem roda depan. Selain itu, jika sistem mendeteksi kalau roda belakang terangkat saat pengereman mendadak, sistem juga segera mengintervensi.

ST5 ABS sendiri ditenagai motor mid drive yang diletakkan di bottom bracket. Motor berdaya 850 Watt, dengan baterai 48V/983-Wh, sehingga ebike ber-ABS ini mampu meraih kecepatan 45 km/jam dan daya jelajah 180 km. Harganya di Amerika Serikat sekitar Rp 140 jutaan dan akan dihadirkan Juni 2021. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY