Jangan Lupa, Hari Ini Tilang Elektronik Berlaku Serentak di Seluruh Indonesia

0
Surat Tilang Elektronik
Kamera ETLE. Foto: NMTCPolri

NaikMotor – Mulai hari ini, Selasa (23/3/2021), sebanyak 12 Polda di seluruh Indonesia mulai memberlakukan tilang elektronik. Berikut daftar lengkap wilayah yang mulai memberlakukan ETLE.

Secara keseluruhan ada 244 titik yang menjadi lokasi penempatan kamera ETLE. Untuk lebih detailnya, ini daftar 12 Polda dari seluruh Indonesia yang mulai memberlakukan tilang elektronik hari ini.

  1. Polda Metro Jaya – 98 titik
  2. Polda Riau – 5 titik
  3. Polda Jawa Timur – 55 titik
  4. Polda Jawa Tengah – 10 titik
  5. Polda Sulawesi Selatan – 16 titik
  6. Polda Jawa Barat – 21 titik
  7. Polda Jambi – 8 titik
  8. Polda Sumatera Barat – 10 titik
  9. Polda DIY – 4 titik
  10. Polda Lampung – 5 titik
  11. Polda Sulawesi Utara – 11 titik
  12. Polda Banten – 1 titik

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo mengatakan tujuan pemasangan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) ini bertujuan agar bisa melakukan penilangan terhadap pelanggar yang menggunakan pelat nomor luar kota.

“Jadi kalau ada pelat Jakarta yang melanggar di polda yang terdaftar tersebut, itu bisa juga ditindak. Atau misal ada kendaraan pelat dari Bogor yang melanggar di Jakarta, surat konfirmasinya bisa kita kirim dan akan sampai ke rumah walau dia berada di luar kota,” jelas Sambodo, dilansir dari NTMCPolri, Selasa (23/3/2021).

Adapun langkah penindakan ini merupakan instruksi dari Kapolri Listyo Sigit Prabowo. Jadi, mulai hari ini, Listyo Sigit akan menyampaikan pembaruan terhadap sistem tilang elektronik nasional ini.

“Tapi nanti bagaimana kepastiannya itu akan disampaikan pada 23 Maret 2021hari ini, Mudah-mudahan nanti kami bisa melakukan penindakan terhadap pelat luar kota. Kamera ETLE, 23 Maret 2021 akan dirilis ETLE nasional oleh bapak kapolri,” ujar Sambodo.

Saat ini pemberlakuan memang baru dilakukan untuk 12 Polda, namun pada April mendatang, tilang elektronik ini akan ditambah lagi untuk 12 Polda lain. Khusus Polda Metro Jaya, Sambodo mengatakan bahwa kamera ETLE akan ditambah 41 kamera menjadi 240 kamera ETLE yang nantinya akan dipasang untuk 10 koridor bus Transjakarta.

“Jadi, nanti total ada 240 kamera khusus dari Polda Metro Jaya. 41 kamera berada di 10 koridor Transjakarta kemudian di beberapa titik di jalan tol. Kemudian pemasangan kamera ETLE di Depok dan di Kabupaten Bekasi. Itu semua akan dilaksanakan ahari ini. Penindakannya sama,” pungkasnya. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*