Mir dan Rins DNF di Le Mans, Suzuki Bersyukur Hal ini Tidak Terjadi

0
Suzuki Ecstar DNF
Alami double DNF, Suzuki bersyukur kedua pembalapnya baik-baik saja. Foto: Suzuki

NaikMotor – Meskipun dua pembalapnya DNF di MotoGP Prancis pekan lalu (16/05/2021), Suzuki Ecstar menyebutkan bahwa mereka menemukan hal positif dari balapan dramatis yang menimpa kala itu. 

Tim Suzuki Ecstar tidak dapat menyelesaikan balapan di seri ke-5 MotoGP 2021 yang diselenggarakan di Le Mans, Prancis. GP yang digelar di Kota Mode ini menjadi balapan yang paling tidak terduga dan dramatis karena cuaca yang tidak menentu, bahkan terjadi Flag-to-Flag.

Sebelum start, pembalap tim Suzuki memilih untuk menggunakan ban slick soft-soft. Alex Rins pun memulai balapan dengan baik, begitu juga dengan Joan Mir. Pada Lap 4, hujan turun dengan deras dan para pembalap memilih untuk mengganti tunggangan mereka.

Sayangnya, Mir tidak beruntung karena ia kehilangan cengkramannya sebelum masuk ke pit lane, ia pun jatuh dan tidak bisa melanjutkan balapan. Sementara itu, Rins berhasil masuk dan mengganti motornya, namun setelah keluar dari pit lane, ia jatuh di Turn 4. Ia pun bangkit dan kembali balapan, akan tetapi Rins kembali jatuh di Lap 14 Turn 3.

Suzuki Ecstar DNF

Shinichi Sahara selaku Project Leader and Team Director mengungkapkan, “Hari ini kami menderita akibat kondisi tersebut, dan kami memperoleh poin nol. Rasanya aneh untuk pergi dengan dua DNF karena kami tahu bahwa pembalap kami bisa sangat kompetitif, terlepas dari posisi grid, di kering dan juga di basah.”

“Namun, meski hari ini tidak berjalan seperti yang kami harapkan, kami sebenarnya merasa sangat positif tentang balapan berikutnya dan untuk alasan ini kami tidak terlalu kecewa. Kedua pembalap baik-baik saja setelah kecelakaan, dan kami tahu apa yang mampu mereka lakukan di masa depan,” jelasnya.

Sementara itu, Ken Kawauchi yang berperan sebagai Manajer Teknis menambahkan, “Ini hari yang berat bagi Suzuki karena tak satu pun dari pembalap kami yang bisa mencetak poin, dan itu sangat memalukan.”

“Biasanya trek ini bukan salah satu yang terbaik, dan selain hasil hari ini, kinerja kami sebenarnya telah meningkat cukup banyak dibandingkan tahun lalu dan kami merasa jauh lebih baik di sini.”

“Jadi, ada beberapa hal positif yang bisa diambil dari situasi tersebut. Untungnya Alex dan Joan baik-baik saja dan tidak ada cedera, yang juga penting. Mugello adalah pemberhentian berikutnya, dan dengan tikungan cepat serta bagian teknisnya, ini adalah sirkuit yang membuat kami merasa cukup percaya diri,” imbuhnya mengenai DNF yang dialami oleh tim Suzuki Ecstar di balapan ke-5 musim ini.

Suzuki Ecstar DNF
Joan Mir

“Saya benar-benar kecewa, saya tidak menyangka kecelakaan itu,” tutur Joan Mir.

“Dengan semua adrenalin yang mengalir melalui saya, saya membuat kesalahan, Saya melihat bahwa motor telah mati dan mesin tidak bekerja, jadi saya mulai berlari ke pit box tanpa berpikir. Hari ini adalah pengalaman pertama saya untuk flag-to-flag, jadi saya akan belajar dari semua yang terjadi,” kata Mir lagi.

Sementara itu, menurut rekan setimnya, Alex Rins: “Sangat disayangkan bahwa hujan lebat datang, karena saya mengatakan kepada tim saya dan staf saya kemarin bahwa dalam keadaan kering saya bisa naik podium.”

Suzuki Ecstar DNF
Alex Rins

“Saya melakukan start yang sempurna dan melakukan putaran yang baik di awal, tetapi kemudian ketika hujan mulai turun, ada risiko besar karena lintasan benar-benar basah. Keluar dari pit lane dan memasuki Turn 4 saya mencoba menggunakan sedikit rem depan untuk membantu saya berbelok tetapi ternyata itu adalah kesalahan karena saya kehilangan bagian depan.”

“Kemudian saya mengganti motornya lagi sehingga saya bisa bergabung kembali. Ban motor ini basah tapi set-upnya masih untuk kondisi kering sehingga sangat tidak stabil dan reaktif, sangat sulit untuk dikendarai, kemudian saya kehilangan bagian depan dan jatuh lagi. Jelas saya kecewa tetapi tidak ada lagi yang bisa saya lakukan, saya senang memiliki kecepatan yang kuat di musim kering dan saya naik podium dengan sangat cepat,” tutup Rins. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here