Ada 3 Golongan, Ini Syarat Kepemilikan SIM C, CI, dan CII

0
Syarat Golongan SIM
Untuk mendapatkan SIM C, CI, atau CII, ada syarat yang harus dipenuhi. Apa ketentuannya? Foto: NTMC Polri

NaikMotor – Diinformasikan langsung dari NTMC Polri, SIM C sekarang dibagi menjadi tiga golongan memiliki syarat yang harus dipatuhi. Dengan adanya regulasi ini, apa ketentuan untuk memiliki SIM  golongan tersebut? 

SIM C, CI, dan CII merupakan klasifikasi Surat Izin Mengemudi untuk sepeda motor yang digolongkan berdasar pada kapasitas mesin yang digunakan. SIM C ditujukan untuk sepeda motor dengan kapasitas di bawah 250 cc, CI untuk yang kapasitasnya di 250 cc dan yang berbasis listrik, serta CII bagi yang motornya berkapasitas di atas 500 cc atau sejenis yang menggunakan tenaga listrik.

Saat ini, pengendara sepeda motor masih menggunakan SIM C biasa, tetapi saat sudah diberlakukan nanti, para Motoris harus menaikan golongan SIM mereka berdasarkan sepeda motor yang digunakan.

Untuk menaikan golongan SIM C, dikutip dari Perpol Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi, tepatnya di Pasal 8 ada syarat atau ketentuan yang harus dipenuhi. Di antara peraturannya yaitu pemohon harus memenuhi ketentuan usia paling rendah yang dijelaskan sebagai berikut:

  • SIM C minimal berusia 17 tahun
  • SIM CI minimal berusia 18 tahun
  • SIM CII minimal berusia 19 tahun

Sementara itu, dilansir dari situs NTMC Polri, dijelaskan bahwa kewajiban kepemilikan SIM tertuang dalam Perpol Nomor 5 Tahun 2021 Pasal 3 Ayat 8. Pada aturan itu disebutkan untuk bisa memiliki SIM CI, pemilik kendaraan harus terlebih dahulu memiliki SIM C yang telah digunakan selama 12 bulan sejak SIM C diterbitkan. Begitu juga dengan SIM CII. Motoris yang ingin memiliki SIM CII wajib memiliki SIM CI dan telah digunakan selama 12 bulan sejak SIM CI diterbitkan.

Namun, saat ini aturan baru penggolongan SIM C ini belum diterapkan sepenuhnya. Polri masih melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pemberlakuan golongan baru SIM C ini. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY