Founder YLCJ Modif Yamaha Lexi Pakai Komponen NMAX dan Aerox

0
98
Modifikasi Yamaha Lexi
Yamaha Lexi ini dimodifikasi dengan menggunakan komponen dari NMAX dan Aerox. Foto: Istimewa/Baba ZeaL

NaikMotor – Menang Giveaway sparepart, founder Yamaha Lexi Community Jakarta (YLCJ), Baba ZeaL melakukan modifikasi terhadap Yamaha Lexi-nya dengan menggunakan komponen dari NMAX dan Aerox. 

Pria yang kerap disapa Baba ZeaL ini bercerita kepada tim NaikMotor bahwa ia baru saja memenangkan giveaway (GA) berupa satu set shock RCB V Series untuk Yamaha NMAX. Berhubung dirinya merupakan seorang pengguna Lexi dan suka membawa barang berat, ia pun langsung berpikir untuk memodifikasi Lexi-nya.

“Langsung kepikiran buat garap di motor Yamaha Lexi yang biasa gue pakai sehari-hari yang kebetulan juga suka bawa barang-barang yang lumayan berat. Kayaknya, kalau pakai double shock akan lebih mantap, nih,” ungkapnya.

“Langsung aja gue belanjakan sama originalnya Aerox full set dengan bearing, seal, clirclip, coklat, dan Bosh shock sebelah kanan yang nempel di arm Aerox. Tak lupa beli anting original mio buat dilas ke rangka atas sebelah kanan,” jelas Baba Zeal lebih lanjut.

Modifikasi Yamaha Lexi

“Tak butuh waktu lama gue kerjain sendiri di rumah untuk pemasangannya. Kecuali pengelasan, gue bawa ke tukang las dekat rumah dengan biaya tak lebih dari Rp 50 ribu. Murah memang karena gue cuma pakai las listrik tapi jaminan ketahanan bisa dipastikan kuat sama tukang lasnya.”

“Selesai dilas, gue semprot pakai cat Diton Premium biar tak karatan anting-anting yang tadi dilas ke rangka si Lexi. Pada bagian spakbor bagian kanan bawah perlu penyesuaian, jadi harus dicoak buat menyesuaikan posisi anting-anting yang tadi di las. Terakhir tinggal rakit lagi body-body dan selesai.”

“Oh iya, tambahan buat yang mau ikutan ganti untuk part seperti clirclip, coklat, bearing, seal bisa pakai bawaan Yamaha Lexi, ya. Kecuali sudah pada rusak ya wajib beli. Kalau bosh buat dudukan shockabsorber sebelah kanan wajib beli, harganya sekitar Rp 19 ribuan,” terang Baba ZeaL.

Founder YLCJ ini pun melampirkan rincian part dan harganya sebagai referensi bagi Motoris yang tengah mencari inspirasi untuk memodifikasi kendaraannya. Dengan estimasi pengerjaan 2-3 jam, ini dia daftar komponennya:

  • Shock RCB V SERIES For NMAX
  • Arm Aerox Original Rp 276.000
  • Bosh shock Rp 19.000
  • Bearing Rp 50.000
  • Karet seal Rp 14.000
  • Clirclip Rp 14.000
  • Collar Rp 18.500
  • Seal tutup bearing luar Rp 17.000
  • Anting-anting mio Rp 10.000
  • Biaya las Rp 50.000
    Estimasi biaya tanpa shock Rp 468.500.

Setelah melakukan modifikasi, Baba ZeaL mengatakan sekarang Yamaha Lexi-nya jadi lebih stabil dan untuk RCB V Series-nya terasa sangat soft karena ada setelan rebound-nya dan setelan soft sampai hard. Selain itu juga dapat spring cadangan yang lebih soft.

“Perlu penyesuaian bagian anting atas originalnya Lexi karena agak besar jadi anting original agak dilebarkan, bisa dengan dibengkek pakai obeng atau diketok pakai palu Kalau untuk bawah pnp.”

“Worth it banget, tapi perlu diukur dengan benar posisi pengelasan anting Mio-nya jangan sampai miring atau tidak center,” pungkasnya lagi.

“Saran buat pengguna Yamaha Lexi yang mau pakai double shock pakai yang buat Yamaha Aerox aja dengan ketinggian 300-310. Karena ini yang saya pakai ukuran 330 yang buat Nmax jadi motor nambah tinggi and jinjit pastinya. Sama tak usah beli dulu bearing dan lain-lain karena sama persis dengan original bawaan Yamaha Lexi, kecuali anting Mio dan bosh shock,” paparnya lebih lanjut. (Litha/nm) 

LEAVE A REPLY

*