Intip dan Jajal MiniGP AP10 dari Alrasyid SND di Sentul Kecil

0
55
MiniGP AP10
Jajal MiniGP ALrasyid SND AP10 di Sentul Karting. Foto: AIR

NaikMotor – Akhirnya motor MiniGP Ap10 dari Alrasyid SND resmi diperkenalkan ke beberaoa media di Sirkuit karting Sentul, Rabu (1/9/2021) setelah diluncurkan virtual pada 17 Agustus 2021. Seperti apa spesifikasi dan impresinya?

MiniGP AP10 yang merupakan singkatan dari Alrasyid Project 10” karena motornya menggunakan  roda berukuran ring 10, mulai dijajal oleh media serta beberapa rider cilik yang tengah latihan. Mesinnya menggunakan  ZS berkapasitas 155cc, 4-tak  menggunakan karburator tipe KF-PZ 27 serta transmisi  4-speed dengan rasio transmisinya 35/16. Tenaga maksimumnya adalah 14 horsepower. Sedangkan knalpotnya memakai stainless steel buatan Alrasyid SND yang ditempatkan di bawah jok.

Konstruksi frame-nya juga rancangan Alrasyid SND  menggunakan konsep saphisticated perimeter trells with hight strength steel  tubes ditunjang oleh fork depan up side down 33mm serta belakang pakai Monoshock with Piggy-back setting DNM Suspension adjustable – hydraulic compression and rebound damping, spring reload wheelbase. Selebihnya, motor ini menggunakan part buatan SND seperti setang, footstep hingga oil cooler.

Menuruit Harlan Fadhilah , Director dan Co.Founder Alrasyid Indo Racing, motor MIniGP AP10 dari AlrasyidSND ini dikembangkan khusus dengan merujuk pada usia pembibitan calon pembalap muda antara 9 sampai 16 tahun.”Frame kita buat sendiri modelnya dengan material berkualitas tinggi termasuk komponen pendukung seperti shockabsorber dari merek DNM yang sudah punya nama hingga ban khusus Pirelli Diablo Superbike.

“ Tujuannya adalah untuk memajukan ekosistem otomotif dan teknologi roda dua di Indonesia hingga mancanengara. Selain it uke depannya ikut menggiatkan acara-acara otomotif roda dua bagi penghobi maupun professional selain juga mengembangkan sistem edukasi talenta-talenta muda nasional,” papar Harlan.

Karena dibuat untuk para pembalap cilik, memang dibutuhkan set up ulang bagi kalangan dewasa yang menjajalnya khususnya di sektor suspensi.Itu yang kami rasakan saat diberi kesempatan menguji motornya di trek. Wajar, karena motor, begitu sampai dari bandung langsung dicoba oleh media. Beberapa kali motor terasa bergeser dan kadang sampai nyelenong saat keluar tikungan.

Beruntung ban Pirelli yang juga digunakan sebagai ban khusus di balapan MIniGP dunia dengan motor Ohvale membuat percaya diri untuk mengendalikannya. Selain itu konstruksi bodinya memang dibuat Kalau soal tenaga, motor ini terasa padat dan cukup mengentak di setiap putarannya.

Secara keseluruhan, kami yang menjajal kurang lebih selama lima lap merasakan impresi positif dari motor MIniGP Alrasyid SND AP10 ini. Selamat mencoba adek-adek pembalap! (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

*