Jajal Honda CRF150L di Trek Offroad AHM Safety Riding Park, Ini Tipsnya

0
16
AHM Safety Riding Park
Jajal Honda CRF150L di area offroad AHM Safety Riding Park Cikarang. Foto: AHM

NaikMotor – Rasa penasaran untuk menjajal trek offroad di AHM Safety Riding Park Cikarang akhirnya terpenuhi, Kamis (30/9/2021). Diawali dengan pengenalan fasilitas safety riding terbesar di Asia Tenggara, dipandui oleh tim instruktur safety riding AHM, kami mencoba area offroad menggunakan Honda CRF150L.

Peserta pelatihan diberikan pengalaman berkendara sepeda motor yang aman, seperti teknik pengereman, teknik keseimbangan, teknik menikung, teknik melewati jalanan bergelombang, menanjak dan menurun serta teknik memprediksi bahaya. Untuk area off road course AHM Safety Riding Park memiliki luas 1.8 hektar yang telah dirancang dengan berbagai tantangan untuk berlatih berkendara off-road.

Pengenalan posisi postur tubuh menjadi sesi pembuka kami bagaimana caranya mengendarai motor jenis dirt bike oleh instruktur safety riding AHM, Muhammad Zakky Zulfiar.” Tangan menggenggam rilleks jangan terlalu kaku. Kemudian Kalau mau belok kiri, posisi posturnya adalah pinggul sedikit maju ke depan, kemudian kaki sebelah kanan menekan foot step dengan lutut menjepit tangki. Untuk lutut kiri menempel pada bodi serta kaki lurus. Ini yang sangat penting soal pandangan, pandangan kita meliat ke area yang dituju. Lalu tangan kanan sedikit ditekuk serta tangan kiri lurus dari setang untuk membuat stabil,” pesan Zakky.

rpt

Zakky juga menambahkan untuk trek lurus  bergelombang, mengendalikan motor bias sambal berdiri dengan posisi kaki sampai lutut lurus dan tangan ditekuk yang berfungsi sebagai suspeni. “Saat mau belok, badan ditarik mundur ke belakang untuk menambah grip di roda belakang,” pesannya.

Setelah melakukan warm up di trek onroad untuk pelemasan serta melatih posisi tubuh, kami diarahkan menuju lintasan offroad. Berbagai handicap yang berada di trek dibuat untuk melatih pengereman, mengendalikan motor saat berbelok , melewati berm serta gundukan. Beberapa kali kami mencoba secara penuh Honda CRF 150L ini hingga sliding saat menaklukan tikungan dan sedikit jumping saat berhadapan dengan gundukan. Seru!

Namun, khusus area pelatihan yang kami pergunakan memiliki panjang sekitar 500 Km yang biasa dipergunakan untuk latihan para pembalap AHRT dari total sekitar 1 Km. “ Kita membuat desain trek offroad di Safety Riding Park ini disesuaikan dengan kontur jalanan di Indonesia namun panduannya tetap merujuk ke internasional,” sebut Johanes Lucky, Manajer Safety Riding AHM. (Arif/nm)

 

LEAVE A REPLY

*