Sah! Pertamina Mandalika International Street Circuit jadi Nama Resmi Sirkuit

0
33
Pertamina Mandalika International Street Circuit
Pertamina Mandalika International Street Circuit menjadi nama sirkuit setelah adanya perjanjian kerjasama PT Pertamina dan ITDC. Foto: Istimewa

NaikMotor – Pertamina Mandalika International Street Circuit menjadi nama sirkuit di The Mandalika setelah ada Perjanjian Kerja Sama antara PT Pertamina (Persero) dengan ITDC, Kamis (7/10/2021). Kerjasama ini menjadi langkah berikutnya menatap kejuaraan WorldSBK 2021 dan MotoGP 2022.

Penamaan sirkuit jalan raya yang dibangun oleh ITDC menjadi Pertamina Mandalika International Street Circuit menjadi bagian dari kerjasama ini. Kesepakatan itu  ditandatangani oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer, disaksikan oleh Wakil Menteri BUMN I Pahala N. Mansury dan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah.

Sirkuit di The Mandalika ini akan diujicobakan dengan berbagai kejuaraan balap internasional seperti Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) yang akan menjadi ajang pembuka di Sirkuit Mandalika pada 12-14 November 2021, dan disusul dengan World Superbike (WorldSBK) pada 19-21 November 2021, sebelum menjamu pramusim MotoGP pada 11-13 Februari 2022 dan MotoGP di bulan Maret 2022.

Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer mengatakan, “Kami memulai pembangunan Sirkuit Mandalika pada 15 Agustus 2020 di tengah suasana pandemi. Banyak tantangan kami hadapi dalam membangun sirkuit ini, namun dengan dukungan berbagai pihak mulai dari pemegang saham, pemerintah pusat dan daerah, BUMN, para mitra kerja, bahkan masyarakat, pembangunan dapat terus berjalan dan mencapai berbagai milestone sesuai timeline yang kami rencanakan. Hari ini milestone tersebut bertambah dengan ditandatanganinya PKS Sponsorship Hak Penamaan Sirkuit sekaligus peluncuran nama resmi sirkuit yang telah kita tunggu-tunggu. Untuk itu, perkenankan kami mengucapkan terima kasih kepada PT Pertamina (Persero) atas komitmennya bagi pengembangan pariwisata Indonesia melalui Sponsorship Mandalika International Street Circuit Naming Right.”.

Sebagaimana yang telah diketahui, Dorna Sports telah memastikan Indonesia sebagai penyelenggara WSBK di The Mandalika pada 19-21 November mendatang. Untuk itu, ITDC terus berfokus untuk memas- tikan kawasan The Mandalika, khususnya JKK, siap menjamu perhelatan WSBK. Saat ini konstruksi lintasan sirkuit telah mencapai 100% dan sedang menyelesaikan proses homologasi, sementara konstruksi beberapa fasilitas pendukung seperti Race Control, Pit Building, dan Medical Center ditargetkan selesai pada minggu keempat Oktober 2021. (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

*