Lima Tips Rawat Motor Saat Musim Hujan dari Astra Motor

0
Komponen Motor Rentan Rusak
Motor melaju saat kondisi hujan. Foto: AstraMotor

NaikMotor – Agar kondisi sepeda motor Honda kesayangan tetap optimal di musim hujan, Astra Motor membagikan lima tips sederhana untuk rawat motor kesayangan. 

Sudah mulai musim hujan, pengendara sepeda motor perlu melakukan perawatan ekstra terhadap sepeda motornya agar performanya tetap maksimal. Astra Motor menjelaskan bahwa air hujan memiliki kandungan zat asam yang cukup tinggi, sehingga bisa membuat komponen yang terpapar lebih beresiko untuk cepat rusak.

Berikut ini tips rawat motor saat musim hujan ala Astra Motor:

  • Cuci motor lebih sering, terutama setelah kehujanan.

Mencuci motor setelah hujan adalah hal yang wajib, karena selain untuk menghilangkan kotoran seperti lumpur yang menempel, juga berguna untuk membersihkan sisa-sisa air hujan yang bersifat asam dari sepeda motor. Air hujan yang menempel pada komponen besi akan menyebabkan karat dan menjadikan komponen tersebut rapuh dan gampang rusak.

  • Cek kondisi rantai

Pengguna motor bebek dan motor sport yang menggunakan penggerak rantai harus rajin mengecek komponen tersebut saat musim hujan. Frekuensi terkena cipratan air hujan yang cukup sering menjadikan bagian tersebut mudah kehilangan pelumasnya dan jadi berkarat. Setelah mencuci motor, usahakan untuk memberikan pelumas pada rantai agar lebih awet.

  • Periksa permukaan dan tekanan angin di ban

Selalu periksa tekanan angin ban karena jika tekanan kurang sementara Motoris harus sering melewati lubang genangan air karena ban akan rentan mengalami kebocoran. Perhatikan juga kondisi permukaan ban. Jika sudah mulai halus, sebaiknya diganti karena kondisi jalanan basah bisa jadi licin sehingga rentan terjadi kecelakaan.

  • Cek busi dengan teliti

Busi yang kemasukan air saat berkendara menerobos genangan air bisa membuat motor mogok. Untuk menghindari hal itu, pastikan busi tetap kering dengan cara mencabut kop atau karet penutup busi, lalu keringkan busi dan kabelnya sampai benar-benar kering menggunakan kain lap.

  • Periksa dan bersihkan kampas rem

Kampas rem yang basah akan mengembang sehingga terjadu penyempitan ruang dan menimbulkan suara berdecit saat direm. Hal ini bisa diatasi dengan menyemprot bagian kampas rem saat dicuci untuk menghilangkan pasir yang masuk bersama dengan air hujan. Setelah itu, pijak pedal rem beberapa kali untuk mengeringkan kampas rem agar proses pengereman kembali normal tanpa suara berdecit lagi.

Langkah-langkah tersebut mungkin merepotkan bagi sebagian orang, namun disarankan untuk tetap dilakukan demi menjaga sepeda motor kesayangan agar performanya tetap optimal selama musim hujan. (Litha/nm) 

LEAVE A REPLY