Piaggio Bangun Pabrik di Cikarang, Kemenperin Beri Apresiasi

0
Piaggio Cikarang
PT Piaggio Indonesia dirikan pabrik di Cikarang. Foto: Kemenperin

NaikMotor – Bangun pabrik di Cikarang, Jawa Barat, PT Piaggio Indonesia diapresiasi Menteri Perindustrian dan optimis Vespa “Made in Indonesia” bisa menjadi salah satu produk unggulan kebanggaan Indonesia. 

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dilansir dari rilis resmi Kemenperin berpendapat ekspansi yang dilakukan PT Piaggio Indonesia menjadi lompatan jauh dari perusahaan pemegang merek sepeda motor ikonik Italia tersebut. Upaya ini juga memberikan kontribusi positif bagi pengembangan industri otomotif nasional, terutama dari sisi peningkatan investasi, penyerapan tenaga kerja, dan pemberdayaan industri komponen lokal.

Kemenperin pun mengapresiasi pembangunan fasilitas produksi PT Piaggio Indonesia seluas enam hektare di Cikarang dengan kapasitas sebanyak 10.000 unit per tahun, yang produksi pertamanya akan dimulai pada kuartal IV tahun 2022. Fasilitas anyar ini diharap bisa dapat memperkuat “brand image” Piaggio di Tanah Air sekaligus menciptakan nilai tambah industri dalam negeri yang pada akhirnya dapat mengakselerasi pemulihan industri otomotif nasional di tengah pandemi Covid-19.

Ditegaskan pula Pemerintah akan terus mengawal investasi ini untuk mewujudkan keuntungan (win-win) baik untuk perusahaan, pemerintah, maupun masyarakat Indonesia. Menperin pun berpesan agar PT Piaggio Indonesia dapat melibatkan sebanyak-banyaknya industri komponen skala kecil dan menengah untuk menjadi bagian dari rantai pasoknya.

“Tidak lupa kami juga mendorong agar PT Piaggio dapat melakukan pengembangan teknologi elektrifikasi sepeda motor serta menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan hub ekspor sepeda motor ikonik Italia dari Indonesia ke dunia,” ujar Agus.

“Selain itu, dapat meningkatkan customer loyalty serta memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi perekonomian nasional,” tegasnya.

Managing Director & Country CEO PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega juga menyampaikan, terwujudnya investasi ini tidak lepas dari dukungan Pemerintah Indonesia. Untuk itu, Piaggio menantikan dukungan dan kerja sama selanjutnya serta berharap semoga pembangunan ini dapat meneguhkan eksistensi perusahaan dan berdampak terhadap perekonomian, seperti membuka lapangan kerja, serta meneguhkan hubungan antara Indonesia dengan Italia.

“Kami percaya proyek ini akan memperkuat kontribusi PT Piaggio Indonesia di sektor otomotif, serta meningkatkan pengalaman dan keterikatan terhadap merek kami,” tutur Marco. (Litha/nm) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here