Cabut dari MotoGP, Danilo Petrucci Pindah Haluan ke Reli Dakar

0
Danilo Petrucci Dakar
Danilo Petrucci pindah haluan ke Dakar. Foto: KTM

NaikMotor – Danilo Petrucci akan membuka lembaran baru dalam dunia Reli Dakar bersama tim KTM setelah melewati balapan MotoGP terakhirnya di Valencia pekan lalu (14/11/2021). 

Memulai karir MotoGP-nya sejak 2012 silam, tahun ini Danilo Petrucci memutuskan untuk berhenti dan kembali menjadi “rookie” karena ia akan mulai terjun ke dunia Rally Dakar per musim depan. Masih bersama KTM, bedanya kali ini Petrux tidak lagi menunggangi KTM RC16 melainkan ganti ke KTM 450 Rally.

Sejauh ini, pembalap Italia berusia 31 tahun tersebut telah mengumpulkan 10 podium dengan dua kemenangan dalam 10 musim di grid MotoGP. Beralih ke kompetisi balap yang berbeda, di tim Red Bull KTM Factory Racing, Petrux nantinya akan ditemani oleh Matthias Walkner, Toby Price, Kevin Benavides.

Setelah ini, perhatian Petrucci akan sepenuhnya difokuskan untuk melanjutkan “belajarnya” dan navigasinya menjelang seri pertamanya yang akan menempuh jarak sejauh 8.000 kilometer, yang dimulai pada 1 Januari 2022.

“Bagi saya itu benar-benar mimpi yang menjadi kenyataan untuk membalap di Dakar. Ini adalah acara yang selalu ingin saya lakukan sejak saya masih kecil ketika saya menonton rekaman video Reli Dakar dari tahun 80-an dan 90-an. Sekarang, berkat KTM, mimpi ini menjadi kenyataan,” ujar Danilo.

“Pertama, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada KTM atas kesempatan besar ini; Saya pikir saya akan menjadi satu-satunya pembalap yang hanya dalam satu bulan berkompetisi di MotoGP dan kemudian Reli Dakar, jadi dengan bangga saya pergi ke sana.”

“Target utama saya hanya menyelesaikan balapan dan menikmatinya. Pendekatan pertama adalah melakukan beberapa pelatihan buku jalan dengan Jordi (Rally Sport Manager KTM), dia berkompetisi dalam balapan berkali-kali dan finis di podium, jadi dia sangat membantu saya mempelajari seni khusus ini.”

“saya merasakan pengalaman pertama saya mengendarai KTM 450 Rally baru-baru ini pada tes awal di bukit pasir Dubai, di mana saya bersama para juara Dakar KTM dan saya dapat belajar banyak dari mereka, sangat menyenangkan melihat mereka membalap, dan mereka sangat baik dan membantu saya. Saya berharap pelatihan untuk bulan depan akan cukup, pasti ini akan menjadi balapan yang sulit, tapi saya senang,” tutur Petrucci.

Sementara itu, Pit Beirer selaku Direktur KTM Motorsports mengatakan, “Bakat dan karakter Danilo memiliki arti bahwa dia adalah salah satu dari sedikit pemain elit yang kami yakini dapat membuat langkah radikal ini dari aspal hingga bukit pasir. Ini cerita yang bagus untuk pria yang hebat.”

“Kami ingin mengucapkan terima kasih atas profesionalisme dan semua usahanya sebagai bagian dari tim Tech3 dalam proyek MotoGP kami dan sekarang saatnya untuk ‘dunia’ lain!”, tutup Beirer. (Litha/nm) 

LEAVE A REPLY

*