Sirkuit Mandalika dalam Lukisan Pelepah Pisang

0
31
pelepah pisang
Budi Irawan melukis Presiden Jokowi saat meresmikan sirkuit Mandalika. Foto: Budi

NaikMotor – Sirkuit Mandalika kini menjadi sorotan semua orang di penjuru dunia. Momen langka ini pun dimanfaatkan oleh Budi Irawan, seniman lukis asal Majalengka untuk mengabadikannya di media pelepah pisang.

“Saya sangat bangga Indonesia memiliki sirkuit Mandalika yang kini sedang melangsungkan balap motor World Super Bike. Rasa bangga tersebut saya lampiaskan dalam sebuah karya seni.” ungkap pria yang telah menekuni profesinya sebagai pelukis selama 17 tahun.

pelepah pisang
Bahan pelepah pisang yang digunakan. Foto: Budi

Kepada naikmotor.com, ia pun menceritakan proses pembuatan karya seninya. Dalam satu lukisan ia  membutuhkan 1 keresek (sedang) pelepah pisang. Yang menarik warna yang yang ada dalam lukisan itu adalah warna asli dari pelepah pisang.

“Saya tidak menggunakan cat, tapi warna natural pelepah pisang. Pelepah tersebut kami tempelkan menggunakan lem kayu.” papar Budi.

Uniknya lagi proses pengerjaan dilakukan pada malam hari, mulai pukul 19.00 hingga jelang subuh. Hal ini dilakukan agar lebih konsentrasi, karena diperlukan detail yang sulit dikerjakan.

pelepah pisang
Banyak pesanan dari daerah lain. Foto: Budi

Karya seni yang dihasilkan pria berusia 46 tahun ini sontak mendapat apresiasi dari para kalangan, dengan banyaknya pesanan lukisan sirkuit Mandalika. “Alhamdulillah ada pesanan  dari Lombok, Bali dan Surabaya,” ucapnya.

Tidak hanya sirkuit Mandalika, momen Presiden Jokowi saat menunggangi motor di sirkuit tersebut pun tak luput dari karya seni yang dihasilkannya. Butuh 3 malam untuk menyelesaikan lukisan Presiden Jokowi. Yang paling sulit adalah di bagian wajah dan detail motor.

“Kebetulan saya suka dan ngefans dengan beliau. Saya sering melukis Pak Jokowi dan sekarang momen yang pas,  mudah-mudahan beliau melihat karya saya,” harapnya. (YA/ NM)

LEAVE A REPLY

*