Kepala BNPB Meninjau Langsung Dampak Erupsi Gunung Semeru dengan Trail

0
Kepala BNPB Meninjau Semeru
Kepala BNPB meninjau terdampak erupsi Gunung Semeru. Foto: bnpb

NaikMotor – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto meninjau lokasi terdampak guguran awan panas Gunung Semeru pada Senin (6/12/2021). Kepala BNPB meninjau langsung lokasi di Semeru dengan mengendarai sepeda motor jenis trail.

Kepala BNPB meninjau langsung lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru menggunakan dual purpose, mengingat medan tidak dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda empat. Seperti diberitakan situs bnpb.go.id, (6/12/2021).

Di sepanjang jalan menuju lokasi, Kepala BNPB melihat banyak kerusakan vegetasi berupa pohon tumbang dan material vulkanik yang menutupi jalan hingga ketebalan kurang lebih 30 sentimeter. Beberapa bangunan di sepanjang jalan yang berada di lembah Daerah Aliran Sungai (DAS) Curah Kobokan juga mengalami kerusakan terdampak awan panas guguran.

Di lokasi itu, Kepala BNPB akan berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk segera mengambil tindakan percepatan penanganan dan pemulihan bencana yang ditimbulkan oleh erupsi Gunung Semeru.

“BNPB akan berkoordinasi dengan Kementerian PUPR untuk segera menangani ini,” jelas Suharyanto. Di samping itu, Kepala BNPB juga memerintahkan seluruh unsur TNI, Polri dan lintas instansi gabungan agar memastikan tidak ada masyarakat di wilayah itu. Hal itu untuk mengantisipasi adanya awan panas guguran susulan Gunung Semeru yang masih berpotensi terjadi sewaktu-waktu. “Jangan sampai ada masyarakat di area ini ya. Masih berbahaya,” pungkas Suharyanto. (Raihan/Prob/NM)

LEAVE A REPLY