Piaggio Group dan bp Kerja Sama Untuk Percepat Revolusi Mobilitas EV

0
Piaggio Group dan bp
Ape E-City. Foto: Piaggio

NaikMotor – bp dan Piaggio Group berkolaborasi dalam mempercepat laju revolusi mobilitas dan pengembangan pasar kendaraan listrik atau electric vehicle (ev) roda dua dan roda tiga di seluruh Asia, India, dan Eropa. 

Kendaraan seperti sepeda motor listrik, skuter, dan kendaraan komersial berukuran compact saat ini menjadi kelas kendaraan yang paling banyak ditenagai oleh listrik secara global, dengan 44% penjualan dan 25% dari armada global yang tersedia, atau sekitar 250 juta kendaraan telah ditenagai oleh listrik.

Diperkirakan di tahun 2040 nanti proporsi penjualan kendaraan listrik dapat meningkat mencapai lebih dari 80% dan jumlah kendaraan roda dua dan roda tiga secara global mungkin dapat meningkat sebanyak tiga kali lipat hingga 750 juta.

Operasi produksi kendaraan listrik Piaggio yang luas dan kemampuan manajemen infrastruktur dengan keahlian serta jangkauan global dari bp pun disatukan karena keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk mendukung pertumbuhan adopsi kendaraan roda dua dan roda tiga listrik secara global untuk membantu mengatasi kemacetan dan mengurangi polusi di daerah perkotaan.

“Pasar kendaraan roda dua dan tiga yang besar dan bertumbuh dengan pesat sudah memimpin jalan menuju elektrifikasi dan kami melihat potensi yang besar untuk pertumbuhan yang berkelanjutan untuk seluruh Asia dan Eropa,” ujar Richard Bartlett, Wakil Presiden senior bp.

“Bekerja sama dekat dengan Piaggio Group, pemimpin dunia di pasar ini, kami bertujuan untuk mengembangkan dan memberikan layanan inovatif yang dibutuhkan customer. Hal tersebut akan mendukung pertumbuhan mobilitas perkotaan yang cepat dan menciptakan kemudahan dalam menggunakan kendaraan knalpot tanpa emisi, memungkinkan pengurangan polusi udara dan membantu kota-kota dalam upaya mereka untuk menghilangkan jejak karbon,” paparnya.

Piaggio Group dan bp

Michele Colaninno selaku Kepala Strategi dan Produk Piaggio Group pun menjelaskan, “Bekerja sama dengan bp akan membantu kami menyampaikan ide dan tawaran revolusi mobilitas kami.”

“Dalam mencapai tujuan ini, kami perlu mempromosikan adopsi kendaraan listrik secara luas seperti sepeda motor, skuter bermotor dan kendaraan komersial kompak yang dilengkapi dengan teknologi pertukaran baterai atau pengisian daya plug-in, sehingga mendorong manajemen siklus hidup baterai yang lebih berkelanjutan dan apresiasi yang lebih besar terhadap lingkungan. Untuk itu, bekerjasama dengan bp merupakan permulaan yang luar biasa untuk meningkatkan strategi kami.”

Melalui surat kesepahaman, Piaggio Group dan bp, bersama dengan afiliasi Jio-bp di India, akan meninjau peluang baru untuk bekerja sama dalam menawarkan stasiun pengisian dan pertukaran baterai, serta mengembangkan layanan yang mencakup semua layanan seperti ‘Battery as a Service’ (BaaS) – leasing, manajemen dan daur ulang baterai kendaraan, serta ‘Vehicle as a Service’ (VaaS) – leasing, perbaikan, pemeliharaan dan manajemen energi kendaraan cerdas tersebut.

Upaya dan fokus awal akan dilakukan di India, di mana Jio-bp dan Piaggio telah terlibat dalam pengembangan solusi kendaraan listrik. Perusahaan-perusahaan ini juga bermaksud untuk mengeksplorasi berbagai peluang di Asia yang lebih luas, seperti di Cina, Indonesia, Vietnam, serta negara di Eropa. (Litha/nm) 

LEAVE A REPLY