Menanjak Saat NaikMotor Berkopling, Begini Cara Amannya

0
Menanjak Saat NaikMotor Berkopling
Mengendarai sepeda motor berkopling di jalanan menanjak ada kita amannya. Foto: istimewa

NaikMotor – Mengendarai motor saat di tanjakan terkadang membuat pengendara panik, apalagi jika mengendarai motor kopling. Ada beberapa cara aman yang bisa dilakukan agar Anda bisa melalui jalanan yang menanjak saat naikmotor berkopling.

Tanpa mengetahui dan menguasai teknik mengendarai motor kopling saat tanjakan, bisa jadi motor berisiko mogok. Tak hanya itu. Pada kondisi yang lebih serius, pengendara berpotensi mengalami kecelakaan karena tidak mengambil langkah yang tepat.
Berikut, tips lancar menanjak saat naikmotor berkopling ala Wahana honda;

Gunakan Gigi Rendah
menggunakan gigi rendah sangat dianjurkan dalam mengendarai motor saat tanjakan. Sebab, persneling besar tidak mampu memberikan dorongan pada motor untuk melalui jalanan menanjak.

Condongkan Tubuh ke Depan
Cobalah untuk sedikit mencondongkan tubuh ke depan. Dengan cara ini, roda depan motor mendapat beban tambahan. Jadi, kondisi ini mampu mengurangi kemungkinan ban depan kehilangan kekuatan cengkeraman aspal.

Jaga Jarak dengan Kendaraan Lain
Selain menjadi aturan berkendara di jalan raya, menjaga jarak aman juga wajib hukumnya saat naik motor di jalan menanjak. Dengan adanya jarak dari kendaraan lain, Anda jadi punya ruang gerak ketika kendaraan di depan tiba-tiba mundur karena kurangnya kontrol.

Tidak Menyalip Kendaraan
Blindspot kendaraan di sekitar Anda ketika berada di tanjakan berpotensi meningkat. Oleh karena itu, ada baiknya Anda tidak mendahului kendaraan-kendaraan di depan. Terlebih yang berukuran besar.

Bagaimana jika terpaksa mendahului? Tak dipungkiri, ada saja kondisi yang mengharuskan Anda untuk mendahului kendaraan di depan. Ketika terpaksa melakukannya, Anda harus:
memastikan kondisi di sekeliling aman, menyalakan lampu sein, menyalip dari kanan, membunyikan klakson, segera kembali ke jalur kiri setelah mendahului kendaraan di depan. (Raihan/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*