Harley-Davidson LiveWire Go Public, Ada Peran Kymco dalam Produksi Distribusi

0
LiveWire Go Public
Setelah dipisahkan dari Harley-Davidson, kini LiveWire go public. Foto: h-d

NaikMotor – Harley-Davidson (H-D) telah memisahkan LiveWire sebagai perusahaan khusus pembuat sepeda motor listrik. Kini, Livewire go public dengan perusahaan akuisisi khusus (SPAC) dari New York dan London.

Dengan LiveWire go public diharapkan bisa menghimpun modal net sebesar USD 545 juta dari nilai perusahaan pro forma sekitar USD1,77M. LiveWire bergabung dengan AEA-Bridges Impact Corp. (ABIC), sebuah SPAC yang dibentuk oleh John Garcia dan Michele Giddens, dua eksekutif ekuitas swasta yang masing-masing berbasis di New York dan London. Garcia dan Giddens bekerja sama tahun lalu untuk mendukung Sustainable Development Goals PBB.

Kelak LiveWire akan menjadi pabrikan sepeda motor listrik yang dibiayai publik. Saham LiveWire akan terdaftar di Bursa Efek New York di bawah simbol ticker “LVW.”

H-D telah mengambil jalan berbeda untuk investasi LiveWire sebagai start up sepeda motor listrik, umumnya pemula mengambil strategi dengan crowd funding. Selain itu, dengan bergabung SPAC, perusahaan terlepas dari kerumitan IPO konvensional untuk go public, mengingat statusnya sebagai blank check company.

Tidak seperti biasanya, ada mitra ketiga dalam kesepakatan itu: Kymco, produsen skuter yang berbasis di Taiwan. Kymco berperan sebagai “mitra strategis” yang akan membantu memproduksi dan mendistribusikan sepeda motor listrik LiveWire. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*