Srikandi Wonderful Ride Disambut Hangat oleh Bupati dan Komunitas Kuningan

0
Bupati Kuningan
Srikandi Wonderful Ride riding bersama jajaran Bupati Kuningan dan komunitas lokal. Foto: Helltrust

NaikMotor – Kedatangan Srikandi Wonderful Ride yang terdiri dari 5 wanita tangguh yang berasal dari berbagai latar belakang disambut hangat oleh Bupati dan berbagai komunitas di Waduk Darma, Kuningan, Jawa Barat, Kamis (27/1).

Tidak tanggung-tanggung ratusan komunitas dan jajaran Pemerintah Kabupaten Kuningan dari Bupati H. Acep Purnama SH., M.H., Wakil Bupati H. M Ridho Suganda, SH., M.Si., Ketua DPRD Nuzul Rachdy, SE dan Kadisporapar Dr. H. Toto Toharuddin, M.Pd. telah menanti kehadiran Srikandi yang telah menempuh perjalanan wisata selama 3 hari dengan Rute Bandung-Rancabuaya-Tasikmalaya-Kuningan.

Bupati Kuningan
Bupati dan Ketua DPRD Kuningan menyambut kedatangan Srikandi Wonderful Ride. Foto: Reynaldi

Perjalanan wisata dengan cara riding bersama yang dipimpin oleh Eddi Brokoli sebagai Road Captain untuk menggali potensi wisata Jawa Barat yang akhirnya bertujuan untuk menggerakan kebangkitan ekonomi dan lapangan kerja.

“Kami senang Srikandi Wonderful Ride memilih Desa Wisata Cibuntu, Kuningan, sebagai destinasi terakhir perjalanan wisata ini.” ucap Acep Purnama dalam kata sambutannya.

Bupati Kuningan yang suka naikmotor ini juga mengajak para Srikandi untuk berkolaborasi dengan berbagai komunitas motor yang ada di Kuningan, agar berperan aktif membantu pemerintah kabupaten Kuningan dengan kegiatan kreatif  seperti ini yang akhirnya bisa mengerakan kembali ekonomi di tempat wisata yang hampir 2 tahun terpuruk akibat pandemi covid-19.

Gayung pun bersambut, Agis Cantini salah satu Srikandi yang berprofesi sebagai penyanyi lagu Sunda langsung merespon ajakan Bupati dengan antusias. “Dengan senang hati Kami para Srikandi siap berkolaborasi untuk Kuningan Maju, Jabar Juara, Indonesia Hebat,” tegas Mahasiswi Sastra Sunda yang mengendarai Yamaha WR 155.

Bupati Kuningan
Riding bersama menuju Desa Wisata Cibuntu. Foto: Helltrust

Perjalanan dari Waduk Darma menuju Desa Wisata Cibuntu dilanjutkan dengan cara konvoi. Di barisan depan terlihat road captain dan jajaran Bupati mendamping para Srikandi yang diikuti oleh ratusan motor para komunitas lokal kuningan.

Konvoi yang menempuh jarak ± 40 KM ini berlangsung dengan tertib. Selama perjalanan Srikandi disuguhkan dengan panorama alam asri Kuningan, yang mampu merefresh energi para wanita tangguh ini yang sudah hampir habis. “Nikmatnya tiada tara, udaranya menyegarkan.” bisik Putri yang terlihat mulai pegal pinggangnya kepada Ranni.

Setibanya di Desa Cibuntu, para Srikandi langsung disambut dengan tarian tradisional Sunda yang telah menjadi prosedur tetap Desa Wisata Cibuntu dalam menyambut tamu agung atau rombongan wisatawan.

Bupati Kuningan
Penyambutan Srikandi Wonderful Ride di Desa Cibuntu. Foto: Reynaldi

Suara alunan musik dari seperangkat Gamelan Sunda bantuan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, angklung, kebot, suling, serta kecapi berirama merdu mengiringi tiap langkah kaki. Tanpa disadari para Srikandi terbawa dalam suasana dan mulai ikutan menari.

Acara seremoni penyambutan dilanjutkan dengan jamuan makan siang. Yang menarik hidangan yang disajikan untuk para Srikandi ini adalah hasil olahan para ibu-ibu Desa Cibuntu.  Pemberdayaan masyarakat sekitar dalam mengelola Desa Wisata Cibuntu menjadi prioritas Kepala Desa, H. Awam untuk terus mengembangkan desa yang dipimpinnya.

“Makan khas desa kami adalah Gule Sapi. Racikan bumbunya dari hasil kebun dan diolah warga desa. Saya jamin para Srikandi pasti lahap menyantapnya.” ujar Kepala Desa yang akrab dipanggil Abah.

Bupati Kuningan
Aktifitas membersihkan fasilitas umum di lokasi wisata. Foto: Helltrust

Setelah puas menyantap kuliner khas Cibuntu. Para Srikandi mulai melanjutkan aktifitas membersihkan toilet dan sarana umum bersama komunitas Bikers Sapu Bersih. Para wanita cantik ini dengan semangat menyapu area umum supaya kebersihan di lokasi wisata ini tetap terjaga.

Tidak berhenti disitu saja, kegiatan dilanjutkan dengan menyambangi berbagai potensi alam dan sarana yang ada di Desa Cibuntu, seperti Air Terjun, mata air Cikahuripan yang bisa diminum langsung airnya, Situs Purbakala, Camping Ground, Area Panahan, Kampung Domba, Terapi Ikan dan berbagai obyek wisata lainnya.

Obyek wisata air terjun di Desa Wisata Cibuntu. Foto: Helltrust

Malam harinya rangkaian kegiatan Srikandi Wonderful Ride ditutup dengan Diskusi yang mengangkat tema, Peran Komunitas Dalam Kebangkitan Ekonomi Lapangan Kerja. Acara ini menghadirkan Pembicara Perwakilan Srikandi, Kepala Desa Cibuntu, Kadisporapar, Ketua DPRD dan Eddi Brokoli yang dipandu oleh Margi Syarief, penyiar radio Trijaya FM dan diikuti oleh komunitas lokal kuningan.

Diskusi Peran Komunitas Dalam Kebangkitan Ekonomi dan Lapangan Kerja. Foto: Helltrust

Srikandi Wonderful Ride mendapat dukungan dari Mitsubishi Motors Indonesia, Dyandra Promosindo, Yamaha Jabar, Eiger Adventure, Elders Company, Zutto Ride, Pirelli Indonesia, KYB Zeto, GS Astra, LA 32 Riders, Belajar Helm, Bikers Sapu Bersih dan SSFC Indonesia. (YA/ NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here