Mitsubishi Xpander Cross Kawal Petualangan Srikandi Wonderful Ride

0
Mitsubishi Xpander Cross
Mitsubishi Xpander Cross saat mengawal para Srikandi dalam jelajah wisata Jawa Barat. Foto: Helltrust

NaikMotor – Mitsubishi Xpander Cross menjadi teman setia Srikandi Wonderful Ride saat bertualang menjelajahi destinasi wisata Jawa Barat. MPV ini terpilih sebagai official car karena kenyamanan dan ketangguhan yang dimilikinya.

Srikandi Wonderful Ride adalah sebuah konsep perjalanan bermotor yang dilakukan oleh 5 orang perempuan untuk mengeksplorasi destinasi wisata dan budaya di Jawa Barat. Kegiatan ini bagian dari program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Geber Komunitas dalam  Kebangkitan ekonomi Lapangan kerja.

Perjalanan wisata ini telah berlangsung pada 24-27 Januari 2021. Sejak pelepasan peserta oleh Menteri Sandiaga Uno di Jakarta, Mitsubishi Xpander Cross telah mengawal petualangan para Srikandi ini yang telah melumat rute Jakarta-Bandung-Rancabuaya-Tasikmalaya dan berakhir di Kuningan, Jawa Barat.

Mitsubishi Xpander Cross
Teman setia mengawal para Srikandi dalam bertualang. Foto: Yusuf Arief

Xpander Cross yang kami gunakan sebagai official car ini merupakan dukungan dari PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Agen pemegang merek (APM) Mitsubishi di Indonesia ini menjadi salah satu perusahaan otomotif yang turut berpartisipasi dalam menggaungkan kampanye berwisata #diindonesiaaja.

Sebelum memulai petualangan, Xpander Cross yang kami kendarai ini dimuati dengan segala keperluan para Srikandi. Dari mulai minuman, tas, pakaian ganti hingga keperluan khusus wanita. Untuk menampung semua logistik tersebut, kami hanya cukup melipat kursi baris ketiga yang memberikan ruang luas dengan permukaan datar.

Mengendarai Mitsubishi Xpander Cross saat mengawal Srikandi Wonderful Ride sangat mengasyikan. Selain rute yang dilalui didominasi oleh pemandangan alam yang asri, berada di dalam kabin mobil ini seperti sedang berada di puncak gunung yang membuat mata leluasa memandang luas jauh ke depan. Dari balik kemudi, kami pun dapat melihat dengan jelas konvoi motor yang dikendarai para Srikandi meski telah berada jauh di depan.

Mitsubishi Xpander Cross
Seperti berada di atas puncak gunung. Foto: Reynaldi

Sistem audio 7-inch touch screen yang terkoneksi via Bluetooth makin memanjakan kami dalam  menikmati perjalanan wisata ini. Suara alunan musik dari galeri ponsel terdengar sangat jelas dan dengan hanya memainkan jari jempol volume suara bisa dikontrol dari lingkar kemudi.

Sesuai dengan namanya, Xpand Your Adventure Cross,  perpaduan kenyamanan dari sebuah MPV dan ketangguhan SUV yang disajikan Crossover ini membuat kami percaya diri saat melumat berbagai medan yang kami lalui. Dari jalan perkotaaan, pedesaan, pegunungan, pesisir pantai hingga jalur semi off-road.

Pasalnya, Xpander Cross memiliki ground clearance yang terbaik di kelasnya yaitu 225 mm, dipadukan dengan suspensi khusus dengan rebound spring sehingga dapat memberikan kenyamanan maksimal kepada pengendara dan penumpang dalam melalui berbagai medan. Bahkan di jalan yang didominasi oleh bebatuan, Xpander Cross dapat melenggang mulus tanpa mengurangi sedikit pun kenyamanan dalam menikmati petualangan ini.

Mitsubishi Xpander Cross
Sebagai official car Srikandi Wonderful Ride karena ketangguhan dan kenyamanannya. Foto: Yusuf Arief

Mengawali pertualangan di hari pertama, Selasa (25/1/2022), Mitsubishi Xpander Cross mengawal para srikandi yang berangkat dari Bandung bergerak menuju kawasan Rancabuaya Garut dengan melewati jalanan berkelok yang menyajikan pemandangan asri kebun teh melalui jalur selatan. Mereka menikmati destinasi wisata seperti Curug Naringgul di Cianjur sebelum akhirnya finis di Pantai Cidora untuk menyaksikan keindahan sunset atau matahari terbenam di pinggir pantai.

Tidak ada rasa khawatir saat melibas jalur pegunungan menuju pesisir pantai ini. Fitur Hill Start Assist (HSA) yang disematkan Crossover ini membantu kami saat berada di belakang truk pada jalan yang menanjak. Teknologi HSA ini secara otomatis menahan mobil dan memberi jeda beberapa detik sebelum memindahkan kaki dari pedal rem ke gas.

Perjalanan di hari kedua, Rabu (26/1/2022) mereka mendapatkan pengalaman luar biasa dengan ikut melepaskan Tukik Hijau di Pantai Sindangkerta Tasikmalaya.  Tukik hijau merupakan hewan langka dan dilindungi. Populasinya mulai terancam saat berada di laut akibat banyak predator seperti burung elang, ikan, kepiting yang memburunya sebagai santapan.

Selain itu, mereka juga mendatangi salah satu sentra ekonomi kreatif yakni mengunjungi sanggar Payung Geulis Karya Utama. Di sanggar seni ini para Srikandi bertemu dengan Mak Iyah yang telah menekuni seni lukis selama 68 tahun dan menggunakan kuas lukis yang terbuat dari rambutnya sendiri. Bersama Mak Iyah, Putri juga berkolaborasi membuat sebuah karya lukis payung.

Di jalur pesisir pantai ini, barulah kami mencoba akselerasi dan performa mesin 4A91 1.5L MIVEC DOHC 16-valve. Mesin berkapasitas 1.499 cc ini mampu menyemburkan  dan menyalurkan tenaga ke roda depan sebesar 102 hp dan torsi 141 Nm. Dan dari kaca spion terlihat konvoi Srikandi berusaha keras untuk menyusul kami.

Mitsubishi Xpander Cross
Wisata pesisir pantai Situpatujah, Tasikmalaya. Foto: Helltrust

Setelah dijamu Bupati Tasikmalaya, H. Ade Sugianto, S.I.P dan mendapat penjelasaan potensi wisata alamnya, perjalananan hari ketiga Kamis (27/1/2022) rombongan bergerak menuju Kabupaten Kuningan. Disambut oleh Bupati Acep Purnama dan jajarannnya serta berbagai komunitas  motor  di salah satu obyek wisata andalannya, yakni di Waduk Darma, rombongan menuju destinasi terakhir yakni Desa Wisata Cibuntu.

Dimeriahkan dengan kesenian tradisional Sunda pada penyambutannya, para Srikandi mulai melanjutkan aktivitas membersihkan toilet dan sarana umum bersama komunitas Bikers Sapu Bersih. Mereka juga menyambangi berbagai potensi alam dan sarana yang ada di Desa Cibuntu, seperti Air Terjun, Mata Air Cikaguripan  yang bisa diminum langsung airnya, Situs Purbakala, Camping Ground, Area Panahan, Kampung Domba, Terapi Ikan dan berbagai obyek wisata lainnya.

Mitsubishi Xpander Cross
Tampilan yang gagah untuk bertualangan dan berwisata #diindonesiaaja. Foto: Yusuf Arief

Perjalanan wisata pun berakhir dengan mengadakan diskusi yang melibatkan para pejabat Pemerintahan, pegiat ekonomi kreatif, komunitas motor lokal untuk bersinergi meningkatkan kunjungan wisata dan daya saing produk lokal Kuningan, yang akhirnya dapat membangkitan ekonomi dan lapangan kerja.

Dengan segala kemampuan dan ketangguhan yang dimilki, kendaraan multifungsi ini tidak hanya bisa membawa pemilik dan keluarganya menjelajahi area perkotaan sebagai kendaraan sehari-hari, tapi juga bisa diajak bertualang ke berbagai  lokasi wisata di Indonesia.

Mitsubishi Xpander Cross dibanderol dengan harga Rp 276,5 juta (M/T), Rp 286,5 juta (A/T) dan Rp 299,5 juta (Premium Package A/T) dan tersedia dalam 5 pilihan warna, yaitu, hitam, silver, putih, orange dan grey. (YA/ NM)

 

 

LEAVE A REPLY