Begini Spesifikasi Ducati DesertX, Memungkinkan Pemula Seperti Pereli Dakar

0
Ducati DesertX Diluncurkan
Ducati Desert X mewarisi Pereli Dakar. Foto: ducati

NaikMotor – Ducati Desert X merupakan adventure baru turunan Dakar bagi pabrikan Borgo Panigale. Begini spesifikasi Ducati DesertX itu.

Desert X dihadirkan sebagai penghormatan dan mewarisi Ducati L-Twin yang memenangkan Paris-Dakar dulu. Dengan fairing depan putih menutupi tangki bahan bakar besar, lampu depan bundar, dan mesin L-twin adalah simbol dari mesin Paris-Dakar pada saat itu dan ikon penting.

Ducati Desert X 2022

Kini dalam spesifikasi Ducati DesertX dilengkapi pendingin cairan untuk kepentingan standar emisi. Bermesin L-Twin Testastretta 11°, 937cc. Mesin sama dengan milik Multistrada V2, Hypermotard, dan Supersports. Mesin ini telah ditingkatkan dan dibuat lebih ringan untuk dijalankan melalui off-road yang sulit. Transmisi yang akan digabungkan juga dirancang khusus dengan penekanan pada off-road. Overdrive 6-percepatan berkontribusi pada peningkatan kenyamanan dan efisiensi bahan bakar selama touring jarak jauh.

Desert X memiliki empat mode keluaran tenaga mesin: penuh, tinggi, sedang, dan rendah. Mesin juga bekerja dengan 6 mode berkendara (sport, touring, city, rain, enduro, dan rally). Dilengkapi juga dengan cornering ABS  3 level dan kontrol traksi 8 level.

Selain itu mode berkendara off-road “Enduro” dan “Rally” diatur secara terpisah. Dengan mode enduro, bahkan pemula pun bisa beroff-road dengan aman dan nyaman. Di sisi lain, di mode rally, mesin mengerahkan tenaga penuh, dan tingkat intervensi ABS dan kontrol traksi rendah, yang merupakan karakteristik pengendara veteran. Dimungkinkan juga untuk memutus ABS dalam dua mode ini. Perangkat yang dikontrol secara elektronik juga dilengkapi dengan Engine Brake Control (EBC), Ducati Willie Control (DWC) dan Ducati Quick Shift (DQS).

Desert X mengadopsi rangka teralis yang dikombinasikan dengan pipa baja. Suspensi stroke panjang 230mm di depan dan 220mm di belakang, roda pada motor ini dilengkapi dengan jari-jari kawat dengan diameter 21 inci di depan dan diameter 18 inci di belakang (kompatibel dengan tubeless ban). Suspensi depan dan belakang dibuat oleh KYB, dan fork USDnya berdiameter 46mm tebal digunakan di bagian depan. Sementara suspensi baik bagian depan dan belakang dapat disetel sepenuhnya. Ground clearance minimum adalah 250 mm, yang merupakan jarak yang cukup.

Ducati Desert X 2022

Ergonomi juga dirancang dengan penekanan pada performa lari off-road, dan hubungan posisi antara roda kemudi, kursi, dan langkah memudahkan untuk berpindah ke posisi berdiri, dan ini menunjukkan performa terbaik dalam kondisi tersebut. Namun, ia memiliki kenyamanan on-road yang sangat baik dan dirancang untuk mengurangi kelelahan selama touring jarak jauh. Ketinggian joknya 875mm, tetapi lowering kit suspensi rendah dan jok rpendek tersedia sebagai opsi.

Tangki bahan bakar memiliki kapasitas yang cukup 21L, yang unik adalah memiliki tangki belakang tambahan dengan kapasitas 8L sebagai bagian opsional. Ini adalah sistem di mana sumber pasokan dapat dialihkan dari panel instrumen, dan ketika bahan bakar di tangki utama mulai berkurang di bawah level tertentu, itu dapat disuplai dari tangki tambahan.

Layar TFT 5 inci digunakan untuk panel instrumen. Selain kecepatan dan putaran mesin, pengendara dapat dengan cepat memeriksa berbagai informasi seperti posisi gigi dan pengukur bahan bakar. Selain itu, format tampilan dapat dipilih dari dua jenis, standar dan reli, dan fungsi master perjalanan dapat digunakan dalam mode reli. Ini adalah fungsi penting dari mode reli bahwa membaca peta navigasi penting.

Dengan kapasitas muat 240 kg, aksesori asli termasuk rak dengan bahan aluminium (total 76L di kiri dan kanan) dan boks atas (41L), dan memiliki spesifikasi yang memungkinkan pengendara menikmati touring. (Raihan/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here