Teten Masduki: Dukung MotoGP Mandalika,1.500 UMKM Siap Tampil  

0
18
Dukung MotoGP Mandalika
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki melepas rombongan motoris yang akan berangkat ke Mandalika di acara UMKM Goes to Mandalika, Minggu (6/3/2022). Foto: Arif

NaikMotor – Lebih dari 1.500 produk UMKM unggulan dari 14 provinsi dikerahkan Kementrian Koperasi dan UKM untuk tampil dukung MotoGP Mandalika, 18-20 Maret mendatang. Hal tersebut diungkapkan Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki pada Opening Ceremony UMKM Goes To Mandalika di Gedung SMESCO Indonesia, Jakarta, Minggu (6/3/2022). 

Pada sambutannya yang turut didampingi Deputi Bidang UKM Hanung Harimba Rachman, dan Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nia Niscaya,menteri Teten mengatakan bahwa pada 2021 lalu, industri otomotif mengalami peningkatan sebesar 17,82%, serta menyerap sekitar 1,5 juta tenaga kerja di sepanjang rantai nilai industri.

Menteri Teten Masduki. Foto: KemenkopUKM

“UMKM merupakan sektor pendukung industri otomotif di antaranya sebagai suplier part atau komponen kendaraan. Sehingga UMKM harus turut serta dalam pertumbuhan industri ini,” ucap Menteri Teten.

Untuk itu, pihaknya akan menyelenggarakan pameran untuk lebih dari 1.500 produk UMKM unggulan dari 14 Provinsi di dalam Pertamina Mandalika International Street Circuit dukung MotoGP Mandalika.

Menetri Teten di booth Rob1. Foto: KemenkopUKM

“Produk yang akan ditampilkan yaitu produk kategori otomotif, merchandise, souvenir, healthy product, serta food and beverages. Dengan semangat kolaborasi dengan berbagai pihak, lebih dari 1.500 UMKM akan menampilkan produknya pada event MotoGP Mandalika,” ungkapnya.

Event MotoGP, sambungnya, merupakan agenda internasional yang harus dimanfaatkan seluruh pelaku UMKM untuk promosi. UMKM Indonesia dikatakan harus menunjukkan potensinya di kancah internasional, menjadi sarana perluasan produksi, menjaring investasi, serta pengembangan produk yang berkualitas.

“Event Pameran UMKM Otomotif dan Travel ini merupakan rangkaian promosi UMKM dan jasa pariwisata dalam mendukung event MotoGP Mandalika, kita harus menunjukkan produk UMKM kita memiliki kualitas, daya saing dan mampu masuk dalam rantai nilai nasional maupun global,” tutur MenKopUKM.

 

 

Menteri Teten menegaskan, ajang MotoGP Mandalika harus digunakan sebagai ajang promosi bagi produk UMKM, pariwisata dan investasi. Dia pun menginginkan terwujudnya peta jalan terukur untuk promosi ini agar 10 tahun ke depan dalam penyelenggaraan MotoGP Mandalika, Indonesia dapat menaikkan target industri otomotif termasuk UMKM.

“MotoGP akan mengangkat industri UMKM dan otomotif. Kita harus punya target terukur. Kalau 10 tahun saya optimis kita bisa menggerakan industri otomotif Indonesia berkelas dunia,” sebut Menteri Teten dikutip dari siaran pers KemenkopUKM.

Kegiatan dalam acara pre event MotoGP Mandalika ini terdiri dari Pameran 60 UKM bidang otomotif dan 40 UKM travel dan lainnya, serta diadakan coaching clinic safety riding oleh IMI (Ikatan Motor Indonesia), atraksi freestyle, pelepasan Team Riders Goes to Mandalika dan lain-lain. (Arif/nm)

 

LEAVE A REPLY

*