Trofi MotoGP Mandalika Dibuat di Bali Oleh Tuksedo Studio

0
Tuksedo Studio trofi MotoGP
Trofi MotoGP 2022 Mandalika buatan Tuksedo Studio. Foto: Tuksedo Studio

NaikMotor – Tuksedo Studio kembali dipercaya oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) untuk memproduksi trofi MotoGP Mandalika akhir pekan nanti. Sebelumnya, produsen asal Bali ini juga pernah membuat trofi untuk ajang World Superbike (WorldSBK) Mandalika pada November 2021.

Trofi MotoGP Mandalika ini terinspirasi dari obor yang melambangkan menyalanya panas api kompetisi balap. Api itu juga selanjutnya menjadi simbol inspirasi dari bangkitnya perekonomian Indonesia, terutama pada sektor turisme, dengan harapan besar agar kita dapat sama-sama menjaga agar api dari “obor” ini tidak pernah padam.

Obor juga biasa dilarikan secara estafet seperti pada ajang Olimpiade. Untuk itu, Tuksedo Studio berharap agar piala yang melambangkan semangat dan kebangkitan Indonesia yang diawali di Mandalika ini dapat diteruskan estafetnya secara berkelanjutan sebagai bukti bahwa Indonesia tidak hanya mampu mengadakan event berskala internasional hanya sekali dua kali, tapi juga sebagai negara yang memiliki kemampuan artistik dan produksi tahap dunia secara terus menerus.

Tuksedo Studio sendiri merupakan spesialis manufaktur model skala mobil-mobil klasik yang dibuat secara handmade. Maka dari itu, mereka mememutuskan untuk memilih bahan dasar aluminium sebagai lambang dari ajang balap yang pemenangnya ditentukan oleh kecepatan pengendara serta performa kendaraannya.

Ada pun corak motif lokal yang terdapat pada piala turut melengkapi pola siluet sirkuit yang mendasari desain piala ini secara umum sebagai ajang MotoGP yang diselenggarakan di Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Karya ini menjadi bukti bahwa Indonesia tidak hanya mampu dalam mengadakan sebuah ajang berskala dunia, tetapi juga fakta bahwa para seniman dan pekerja lokal memiliki kapasitas yang mumpuni untuk merancang dan membuat langsung dengan tangan sendiri sebuah karya seni berkelas dunia. (Galih/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here