4 Tips dari Zeneos Agar Ban Motor Tetap Awet

0
Ganti ban
Seorang mekanik sedang mengganti ban sepeda motor. Foto: Galih

NaikMotor – Ban menjadi salah satu hal terpenting dalam sebuah sepeda motor. Untuk itu, Zeneos memberikan sejumlah tips merawat ban sepeda motor Anda lebih awet.

Ban juga memiliki banyak peran, salah satu yang utama adalah sebagai penggerak sepeda motor. Jika kesehatan ban mulai terganggu, seperti aus atau botak, tentu akan mempengaruhi kualitas berkendara.

Merawat ban memang terlihat sepele. Namun, jika Anda tidak merawatnya dengan baik, maka akan ada bahaya fatal yang siap menanti.

Maka dari itu, Zeneos sebagai salah satu produsen ban dalam negeri, memberi empat tips merawat ban agar masa pakai ban bisa lebih tahan lama. (Galih/Prob/NM)

Berikut empat tips rutin merawat ban menurut Zeneos.

1. Rutin membersihkan ban

Rajin-rajinlah dalam membersihkan ban. Pasalnya, kotoran yang menempel pada ban, baik itu debu, pasir, kerikil, dan lain sebagainya, bisa memengaruhi pengendalian. Selain itu, ban bisa berpotensi bocor atau bahkan pecah. Anda juga bisa memoles ban dengan cairan khusus agar tampilannya lebih mengkilap.

2. Rutin cek tekanan angin ban

Anda juga harus memeriksa tekanan angin ban. Jangan paksakan gunakan sepeda motor dalam keadaan ban kempes karena hal ini bisa menyebabkan ban bocor; dan jika dibiarkan lama, permukaan ban bisa retak. Ingat pula jangan memberi tekanan angin yang terlalu tinggi karena berisiko ban bisa meledak.

3. Muatan pada motor jangan berlebihan

Kendarailah sepeda motor sebagaimana mestinya. Artinya, sepeda motor memang dirancang bisa untuk berboncengan dan membawa barang. Namun, sesuaikan juga dengan kapasitas sepeda motor. Jangan mengangkut muatan berlebih karena bisa menyebabkan ban cepat retak atau bahkan meledak.

4. Hindari parkir motor di bawah terik matahari

Carilah tempat yang teduh untuk memarkirkan sepeda motor. Jika parkir di bawah paparan terik matahari, hal ini bisa membuat tekanan angin meningkat akibat pemuaian udara di dalam ban. Tentu hal ini berisiko membuat ban juga meledak.

LEAVE A REPLY

*