Beda Yamaha Tenere700 World Raid 2022 dengan Standarnya, Siap Main Tanah Lebih Jauh

0
Beda Yamaha Tenere700 World
Yamaha Tenere700 World Raid 2022. Foto: yamaha

NaikMotor – Yamaha Eropa telah meluncurkan Tenere700 World Raid pada awal Februari 2022 lalu. Begini beda Yamaha Tenere700 World Raid dengan Tenere700 standar.

Yamaha Tenere700 World Raid memang hanya dipasarkan di Eropa pada awalnya. Model merupakan adventure jarak jauh dan terinspirasi dari model-model pereli Dakar 450cc. Seperti dengan adanya tangki ganda dan suspensi depan dan layar depan 5″ TFT yang terkoneksi dengan Communication Control unit (CCU) melalui MyRide app, layar pengganti penampil Tulip pada model Dakar.

Beda Yamaha Tenere700 World

Tenere700 World Raid menawarkan lebih banyak kemampuan dan jangkauan off-road dengan pembaruan di seluruh sasis untuk pengendaraan yang lebih ekstrem di berbagai medan. Salah satu perubahan terbesar adalah tangki baru. Tangki ganda yang diletakkan lebih rendah daripada model T700 standar.

Selain lebih besar 9 L kapasitasnya keduanya diletakkan sejajar. dalam jangkauan 500km. Posisi lebih rendah memberikan keuntungan pada center of gravity relatif tetap, meski ground clearance kini lebih tinggi.

Perubahan penting lainnya adalah suspensi yang direvisi dengan travel lebih panjang dan ground clearance lebih tinggi, redaman yang dioptimalkan dan beberapa level penyetelan preload, demikian dengan suspensi monoshock barunya. Upgrade suspensi untuk kompromi big-bump selama berkendara agresif, lebih baik daripada model standar. Pada stang kini terdapat steering damper buatan Ohlins.

Upgrade penting lainnya untuk penggunaan off-road adanya foot peg yang lebih besar, skid plate yang lebih agresif, dan panel depan bodi yang kokoh yang menawarkan beberapa perlindungan. Jok kini berdesain lebih datar, bersama dengan desain tangki depan yang lebih rendah, memudahkan untuk pengendara bergeser saat mengimbangi osiliasi motor saat melalui medan tak rata.

Fitur barunya dengan layar lebih besar dengan layar TFT warna baru, windshield yang lebih besar, konektivitas Bluetooth, dan 3-Mode ABS.

Yamaha merilis motor ini untuk pasar Eropa saja dengan harga 10.229 dolar, atau sekitar Rp149,4 juta. Tetapi, harga tersebut tidak termasuk aksesoris original Yamaha.

Pasalnya, aksesoris Tenere 700 World Raid 2022 dijual terpisah oleh pabrikan asal Jepang ini. Aksesoris tersebut berupa engine guard, aluminium side case, Tenere 700 skid plate, rally seat, dan LED fog light kit by PIAA. (Afid/Galih/Prob/NM)

Berikut spesifikasi lengkap Yamaha Tenere 700 World Raid 2022

Engine Type: 689cc liquid-cooled DOHC 4-stroke; 8 valves
Bore x Stroke: 80.0mm x 68.6mm
Compression Ratio: 11.5:1
Fuel Delivery: Fuel Injection
Transmission: 6-speed; wet multiplate clutch
Final Drive: Chain

Fitur Pembeda dengan Varian Standar

23-litre capacity dual side-mounted fuel tanks
Flat Rally inspired 2-piece seat
5” colour TFT meter with mobile connectivity
3-mode switchable ABS
High specification 43 mm KYB front forks, 230 mm travel
Öhlins adjustable steering damper
Aluminium piggyback rear shock, longer 220 mm travel
High-torque EU5 CP2 engine
Newly designed air cleaner box
The new fork has 9.1″ of travel and is adjustable for compression, rebound and spring preload. The new rear shock has a different linkage and offers 8.7″ of travel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here