MXGP of Indonesia 2022 Sumbawa Sajikan Petualangan Spiritual

0
41
MXGP of Indonesia 2022 Sumbawa
Press Conference MXGP of Indonesia 2022 Sumbawa di Roket Motor,Cilandak. Foto: Arif

NaikMotor – Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah mengungkapkan pihaknya sangat mendukung gelaran MXGP of Indonesia 2022 Sumbawa, 24-26 Juni 2022 di Sirkuit Rocket Motor, Samota.  Sektor pariwisata menjadi salah satu yang terdampak dengan adanya gelaran internasional di NTB dan juga akan menyajikan pengalaman spiritual di Pulau Sumbawa.

Kick-off  MXGP of Indonesia 2022 Sumbawa dilakukan Kamis (19/5/2022) dihadiri oleh Gubernur NTB,  Zulkieflimansyah,  Ketua Umum IMI Pusat  Bambang Soesatyo, Sport Talenta Indonesia sebagai penyelenggara juga Sumbawa Enduro Gemilang sebagai panitia lokal di Roket Motor Indonesia Jl.Fatmawati Jakarta Selatan.

Menurut Gubernur Zulkieflimansyah, penyelenggaraan event sebelumnya dari WorldSBK, MotoGP termasuk Asia talent Cup terbilang sukses. “ Kemarin saja menurut BPS uang yang beredar di Mandalika dan Lombok  sebesar Rp 606,7 miliar,ini besar sekali. Eksternalitas positif dari internasional  event ini besar sekali. Requirement-nya cukup rigid, misalnya fasilias kesehatan harus kelas   satu, artinya kami harus dipaksa untuk memperbaiki rumah sakit, runway pbandara harus diperpanjang, listrik tidak boleh mati,jalan harus tidak boleh sempit, rumah pendukuk tidak boleh kumuh, belum lagi kuliener, travel agencies, okupansi hotel luar biasa tinggi,:”jelasnya.

Zulkieflimansyah menambahkan, alasan dipilihnya Sumbawa sebagai tuan rumah MXGP karena merupakan sebuah pulau yang pernah mengguncang dunia saat Gunung Tambora meletus dimana guncangannya ikut mengubah peradaban dunia.“ Kami ingin membuktikan, kalau kami berrani menjadi host MXGP, mestinya setiap provinisi juga bisa. Epicentrum ekonomi pergerakan visitor investment tidak lagi melihat Pulau Jawa. Indonesia itu luas, keindahan dan eksotisme kita luar biasa. Mungkin banyak yang meragukan, namun  dengan komitmen Pemkab Sumbawa dan Pemprov NTB serta Ketum IMI, kami yakin bapak dan ibu bukan hanya disuguhkan petualagan yang hebat di Sumbawa menyaksikan MXGP, tapi juga mengalami petualangan spitual luar biasa, “ bebernya lagi.

Sementara Bamsoet juga menyampaikan hal yang sama kalau event otomoif ikut menggerakan ekonomi dan promosi pariwisata Indonesia terbukti dengan kesuksesan MotoGP Mandalika. “ Hampir1,6 miliar mata dunia tertuju ke Mandalika dan kita berharap nanti miliaran mata juga melihat MXGP di Samota Sumbawa. Kepada panitia semoga persiapannya makin matang dan target-targetnya tercapai, kita berharap presiden bisa hadir membuka acara ini,” sambut Bamsoet.

MXGP Indonesia 2022 akan dilangsungkan di Sirkuit Roket Motor sepanjang 1,8 Km, di mana proses pembangunan main track berupa penataan jalur track dan pengaturan space masing-masing area sudah selesai 30 persen. Infrastruktur penguatan jaringan listrik oleh PLN maupun penyempurnaan jalur jaringan dan proses transfer layanan telekomunikasi oleh Telkom sudah progres 50 persen. Akomodasi progres 50 persen dengan ketersediaan 922 kamar dari hotel bintang 4 hingga non bintang di Kabupaten Sumbawa,” tambah Bamsoet dalam keterangannya usai menerima jajaran Sport Talenta Indonesia (STI), di Jakarta, Kamis (19/5/22).

Penyelenggara menargetkan 75.000 orang penonton menghadiri perhelatan selama 3 hari di Samota dengan beragam acara pendukung MXGP of Indonesia 2022. Tiket akan dijual dengan berbagai pilihan yang akan diumumkan pekan depan. (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

*