Perhatikan Posisi Tubuh Saat Berkendara agar Tak Cepat Lelah

0
8
Posisi tubuh dalam berkendara
Posisi tubuh dalam berkendara harus diperhatikan agar tidak cepat lelah dalam perjalanan. Foto: Yamaha

NaikMotor – Berkendara sepeda motor memang lebih cepat dan efisien. Namun, berkendara dengan motor tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, khususnya posisi tubuh agar tidak cepat lelah.

Danang Hermanto, instruktur Yamaha Riding Academy (YRA), mengungkapkan ada beberapa hal terkait posisi berkendara. Menurutnya, posisi tubuh yang ergonomis dapat membantu agar tidak cepat lelah saat perjalanan.

“Posisi tubuh ikut mempengaruhi keselamatan berkendara dan juga daya tahan tubuh saat berkendara. Tidak jarang banyak pengendara ternyata salah menempatkan posisi tubuh saat berkendara motor sehingga memperburuk pengendalian motor dan juga menyebabkan mudah lelah saat berkendara,” kata Danang.

Untuk itu, Danang memberikan sejumlah tips agar berkendara motor bisa lebih nyaman meski menempuh jarak yang cukup jauh dan lama. (Galih/Prob/NM)

Berikut tips berkendara sepeda motor agar tidak cepat lelah.

1. Sesuaikan posisi duduk sesuai postur pengendara serta relaks dan duduk di tengah jok motor, tidak terlalu maju atau mundur, maupun miring ke samping. Hal ini sangat penting, karena bila posisi duduk tidak pas di tengah, akan mengganggu keseimbangan dan efek buruknya tubuh akan lebih cepat lelah.

2. Posisikan kaki di tempat foot peg/injakan kaki yang sudah disediakan. Posisi kaki mendekap tangki untuk motor sport atau berada di dalam cover depan untuk motor matik untuk menjaga keseimbangan, sehingga pengendalian motor akan lebih mantap dan tubuh tidak mudah lelah.

3. Lemaskan otot bahu dan siku saat memegang stang motor. Saat berkendara tentu pengendalian motor juga bertumpu pada tangan. Posisikan bahu dan siku kita seolah-olah memeluk bola besar atau membentuk huruf O. Posisikan genggaman tangan di stang dengan relaks dan kekuatan yang cukup, dengan ini lengan kita bisa lebih nyaman dan pengendalian motor bisa lebih leluasa.

4. Pandangan luas ke depan, arahkan pandangan dan kepala luas ke depan, dengan ini bisa mengantisipasi kondisi jalanan lebih baik.

LEAVE A REPLY

*