Tambahan 13 Titik Baru Ganjil Genap, Apakah Berhasil atau Justru Kian Macet?

0
Sistem Ganjil-Genap Kota Bogor
Sistem Ganjil-Genap Kota Bogor. Foto: Instagram/bimaaryasugiarto

NaikMotor – Polda Metro Jaya akan meresmikan penambahan 13 titik baru ganjil genap (gage) di Jakarta pada 13 Juni 2022. Nantinya, akan diadakan evaluasi setelah 3 bulan berjalan, apakah berhasil atau justru semakin menambah kemacetan.

Menurut Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, 13 titik gage baru ini masih akan dilakukan uji coba pada 6-12 Juni. Artinya, belum ada pengenaan sanksi, tetapi hanya sebatas peneguran.

Nantinya, pihaknya akan melakukan evaluasi setelah 3 bulan penerapan gage baru ini berjalan. “Uji coba dalam arti, ketika ada pelanggaran di 13 kawasan yang baru tersebut maka tidak langsung kita berikan tindakan dengan tilang, tapi kita laksanakan dengan peneguran,” kata Sambodo.

“Kalau ternyata malah menimbulkan kemacetan di titik lainnya yang lebih parah kita bisa saja evaluasi kebijakan ini untuk kemudian kita usulkan ke Pemprov untuk kita kembali ke 13 kawasan yang saat ini berlaku. Jadi kita lihat efeknya seperti apa.”

Sebelumnya, 13 lokasi gage yang lama adalah Jalan MH Thamrin, Jalan HR Rasuna Said, Jalan Jendral Sudirman, Jalan MT. Haryono, Jalan Panglima Polim, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Gunung Sahari, Jalan Gatot Subroto, Jalan Fatmawati, Jalan Tomang Raya, Jalan Ahmad Yani, Jalan DI. Panjaitan, dan Jalan S. Parman.

Meski ada penambahan 13 titik ganjil genap yang baru, namun sistem peraturannya masih sama, yakni hanya berlaku untuk kendaraan roda empat atau lebih pada Senin-Jumat pukul 06.00 – 10.00 WIB dan pukul 16.00 – 21.00 WIB. Aturan ini tidak berlaku pada Sabtu-Minggu dan hari libur nasional. (Galih/Prob/NM)

Berikut ke-26 lokasi ganjil genap Jakarta yang akan diterapkan pada 13 Juni 2022

1. Jl MH Thamrin
2. Jl Jenderal Sudirman
3. Jl Sisingamangaraja
4. Jl Panglima Polim
5. Jl Fatmawati-TB Simatupang
6. Jl Tomang Raya
7. Jl S Parman
8. Jl Gatot Subroto
9. Jl MT Haryono
10. Jl HR Rasuna Said
11. Jl DI Panjaitan
12. Jl Ahmad Yani
13. Jl Gunung Sahari
14. Jl Pintu Besar Selatan
15. Jl Gajah Mada
16. Jl Hayam Wuruk
17. Jl Majapahit
18. Jl Medan merdeka Barat
19. Jl Suryopranoto
20. Jl Balikpapan
21. Jl Kyai Caringin
22. Jl Pramuka
23. Jl Salemba Raya sisi Barat
24. Jl Salemba Raya sisi Timur-Simpang Paseban-Simpang Diponegoro
25. Jl Kramat Raya
26. Jl Stasiun Senen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here