Toprak Razgatlioglu Dipastikan Batal ke Yamaha MotoGP, Ini Alasannya

0
28
Toprak Razgatlioglu
Toprak Razgatlioglu, pembalap WSBK di tim PATA Yamaha. Foto: Yamaha Racing

NaikMotor – Toprak Razgatlioglu, pembalap World Superbike (WSBK), dipastikan akan batal pindah ke ajang MotoGP. Hal ini disampaikan langsung oleh Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing.

Alasannya jelas, Yamaha sudah tidak lagi memiliki tim satelit di MotoGP 2023. Pasalnya, tim satelitnya saat ini, yakni WithU Yamaha RNF, akan berpindah pabrikan ke Aprilia pada musim depan.

Maka dari itu, Yamaha hanya punya tim pabrikan, Monster Energy Yamaha, dan tim ini sudah terisi oleh dua pembalapnya, yaitu Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli.

“Jelas bahwa kami sudah tak punya lagi tim satelit di musim depan, jadi kami tidak punya tempat untuknya. Sebab, kami hanya punya dua motor untuk tim pabrikan,” kata Jarvis.

Meski batal berpindah kompetisi, Jarvis menerangkan bahwa pihaknya tetap akan menggelar tes MotoGP untuk Toprak pada Juni ini di Spanyol. Nantinya, pembalap asal Turki ini akan mencicipi motor Yamaha M1 untuk pertama kalinya.

Hal ini adalah sebagai bentuk apresiasi Yamaha kepada Toprak yang sukses menjadi juara dunia WSBK 2021 kemarin bersama tim PATA Yamaha.

“Maksud dari tes ini juga karena ketertarikan Toprak terhadap motor MotoGP. Selain itu, ini juga sebagai hadiah dari Yamaha kepadanya atas gelar juara dunia yang diraihnya musim lalu,” ujar Jarvis.

“Jadi, tujuan tes ini tetap sama, yaitu untuk memberikan pengalaman kepadanya untuk mengendarai M1 jika suatu saat ia benar-benar akan pindah ke MotoGP.” (Galih/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*