Zero Emission, Proyek Sepeda Motor Listrik Norton

0
Norton Motorcycles
Norton Motorcycles mendapat suntikan dana sebesar Rp1,8 triliun dar TVS Motor Company. Foto: Norton

NaikMotor – Norton Motorcycles, pabrikan sepeda motor legendaris asal Inggris, tengah bersiap untuk memproduksi motor listrik. Proyek ini dinamainya Zero Emission Norton (ZEN).

Dalam pengembangannya, proyek Zero Emission Norton ini mendapat suntikan dana dari Advanced Propulsion Center (APC) 19 milik pemerintah Inggris. Nantinya, motor listrik ini tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga memiliki performa dan daya jelajah yang lebih baik.

“Tim akan menyempurnakan DNA desain tradisional Norton, tetapi dengan sentuhan modern dari inovasi dan solusi digital terdepan dalam industri ini. Produk listrik hingga saat ini menawarkan kinerja karena bobot dan ukuran baterai berkompromi dengan desain kendaraan. Namun, proyek ini memungkinkan untuk menghilangkan kompromi itu sembari memberikan performa balap dan jangkauan touring,” tulis keterangan Norton, dikutip dari Visordown.

Untuk melancarkan proyek ini, Norton berkolaborasi dengan 6 perusahaan lain, mulai dari Delta Coswort, HiSpeed, Formaplex Technologies, M&I Materials, INDRA, dan Warwick Engineering Group (WMG) dari University of Warwick.

Masing-masing mitra memiliki fokusnya masing-masing, di mana Delta fokus untuk mendesain baterai, HiSpeed akan merekayasa dan memproduksi motor listrik dan inverter, Formaplex membuat komposit presisi, M&I Materials akan bekerja pada dielectric cooling, INDRA mengerjakan perihal pengisian daya, dan WMG akan berfokus pada teknologi baterai, pemodelan, serta pengembangan toolchain.

Menurut Dr. Robert Hentschel selaku CEO Norton Motorcycles, pihaknya tidak takut dan siap untuk berinovasi. “Norton tidak takut untuk menantang status quo, berinovasi untuk masa depan lewat kesetiaan kami terhadap warisan Inggris. Hal ini dilakukan untuk mendukung Inggris dalam misinya menciptakan masa depan otomotif yang bersih,” katanya.

“Bekerja bersama para mitra kelas dunia, kami yakin bahwa proyek Zero Emission Norton ini akan menghilangkan perselisihan saat ini di antara sepeda motor konvensional dan listrik untuk menciptakan produk EV yang diinginkan warga dunia.”

Meski terdengar menarik, sayangnya pihak Norton sendiri juga tidak menginformasikan kapan proyek ini akan dimulai dan berhasil menciptakan produk listrik terbaiknya dari proyek ZEN tersebut. (Galih/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*