Yamaha Ingin Ajukan Banding atas Hukuman Long Lap Penalty Fabio Quartararo

0

Insiden ini membuat pihak Stewards menjatuhkan sanksi kepada Quartararo karena pembalap 24 tahun tersebut dianggap terlalu ambisius dalam balapan dan melakukan overtake. Hukuman ini tentu menimbulkan reaksi keras dari Yamaha.

“Yamaha selalu berusaha untuk adil dan sportif. Tetapi, kami kecewa dengan ketidakadilan hukuman ini,” kata Lin Jarvis selaku Managing Director Yamaha Motor Racing & Monster Energy Yamaha MotoGP.

Fabio Quartararo
Fabio Quartararo terjatuh untuk kedua kalinya di MotoGP Assen 2022.

Menurut Jarvis, keputusan Stewards MotoGP ini sungguh aneh karena terlihat sangat berpihak. Ada 2 alasan utama mengapa Yamaha sangat keberatan dengan hukuman long lap penalty.

Pertama, Yamaha melihat bahwa insiden tersebut adalah murni insiden balap. Quartararo sendiri dikenal sebagai pembalap yang ‘bersih’ dan tanpa rekam jejak insiden sebelumnya. Ia tidak terbukti ingin mencelakakan pembalap lain.

Kedua, Aleix Espargaro tidak ikut terjatuh dan masih dapat melanjutkan balapan, bahkan hingga finis keempat. Yamaha menilai Stewards mengukur tingkat keparahan insiden ini dengan standar subjektif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here