Simak Tips ini Untuk Menghindari Rantai Motor Cepat Aus

0
Merawat Rantai Sepeda Motor
Perawatan rantai sepeda motor di AHASS. Foto: istimewa

NaikMotor – Rantai terkadang menjadi salah satu permasalahan dari sebuah sepeda motor bertansmisi manual. Oleh karenanya, simak tips ini untuk menghindari rantai motor cepat aus.

Rantai berfungsi sebagai penggerak kendaraan dan menjadi komponen penting pada motor bebek dan motor sport. Energi gerak motor yang dihasilkan dari kinerja mesin ke roda belakang hanya bisa terjadi berkat daya yang diteruskan dari rantai.

Mengingat pentingnya fungsi rantai, maka konsumen wajib memperhatikan perawatan sehingga bagian tersebut bisa diandalkan untuk bekerja dengan baik. Kondisi rantai yang aus dipastikan mempengaruhi daya kinerja si rantai. Untuk itu, simak tips dari Wahana Honda agar rantai motor tidak cepat aus. (Galih/Prob/NM)

Berikut panduan perawatan dan penggantian rantai sepeda motor.

  • Periksa kekencangan, kelancaran dan kondisi rantai serta gear rantai
  • Rantai tidak boleh disetel terlalu kencang ataupun longgar, kekencangan harus dijaga agar tetap di batas yang sudah ditentukan.
  • Batas kekencangan rantai (free play) ada pada buku petunjuk pemilik, biasanya di rentang 25-35 mm.
  • Sebaiknya rantai tidak dipasang terlalu kencang juga tidak terlalu longgar.
  • Rantai yang terlalu kencang akan membebani mesin dan komponen lainnya, sementara jika terlalu longgar bisa terlepas dan merusak komponen lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here