Begini Memilih Pelumas Mesin yang Tepat, Agar Motor Tidak Boros Bensin

0

Pilih Pelumas Sesuai Jenis Kopling
Agar dapat mengetahui mana Pelumas yang tepat sesuai dengan jenis motor yang dimiliki, perhatikan kode JASO yang terdapat pada kemasan Pelumas motor.

JASO adalah klasifikasi jenis Pelumas pada mesin motor yang didasari uji pelumasan yang dilakukan oleh Japanese Automotive Standart Organization. Ada dua klasifikasi JASO, yakni JASO MA dan JASO MB.

Pelumas Kopling Basah (JASO MA)
Pelumas dengan kode JASO MA ditujukan untuk pengguna motor dengan kopling basah, sehingga kampas dan gigi yang terdapat di plat kopling tidak mudah selip. Kini, spesifikasi JASO MA untuk sepeda motor tipe bebek dan sports terus berinovasi, dari MA, MA1, hingga MA2 yang kini digunakan oleh hampir semua pelumas terbaru.

Bedanya, MA2 mampu melumasi mesin dengan lebih baik karena adanya tambahan zat aditif sehingga formulasinya bersifat anti selip agar mampu memberikan akselerasi yang lebih spontan pada mesin.

Pelumas Kopling Kering (JASO MB)
Pelumas motor dengan kode JASO MB terbaik digunakan untuk jenis skuter matic. Sebab mayoritas kopling motor skuter matic berjenis kering dan tidak terendam Pelumas, sehingga Pelumas khusus motor ini bersifat lebih licin dan lebih difungsikan untuk melumasi mesin saja dan bukan membasahi kampas kopling.

“Pemilihan Pelumas berdasarkan jenis koplingnya juga sangat penting bagi pemilik motor. Dengan kode JASO yang sesuai, maka kejadian seperti kerusakan pada komponen mesin tidak akan terjadi. Kesalahan penggunaan misal Pelumas mesin motor kopling kering dipakai untuk motor berkopling basah juga dapat menimbulkan beberapa akibat. Sebut saja penurunan performa mesin atau boros bahan bakar,” tutup Brahma. (Rls/NM)

Memilih Pelumas Mesin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here