Journey to Jannah ke-3, Touring Jakarta-Bali MBI yang Didukung Kemenparekraf

0

Ukhuwah (Brotherhood)
Secara agama dan negara kita adalah satu keluarga, namun tidak dapat dipungkiri dengan adanya wadah lebih kecil (misalnya komunitas) membuat nilai kekeluargaan (ukhuwah) lebih merekat dan erat. Tujuan dari J2J ini pun menjurus ke arah penguatan nilai kekeluargaan. Disela-sela kegiatan J2J setiap chapter di kota yang disinggahi akan datang untuk kumpul bersama, bahkan mereka juga dilibatkan dalam kegiatan tersebut untuk mengkoordinir agar tujuan belajar dapat tersampaikan.

“Kegiatan J2J sifatnya boleh-boleh aja, ini dibuat oleh MBI untuk silaturahmi tahunan. J2J adalah Journey to Jannah, kita ingin kegiatan ini berujung dengan surga. Kita di MBI kalau tidak ada silaturahmi di antara kita, visi dan misi yang sama untuk apa berkumpul? J2J tujuannya satu yakni makin memperkuat ukhuwah di antara kita dan berpikir bagaimana ke depannya lebih bermanfaat lagi, insyaaAllah.” tutur Ustadz Subhan Bawazier Hafidzahullah.

Dampak sosial
Selain memberikan sumbangan satu unit sepeda motor kepada ustaz yang dinilai membutuhkan, kegiatan Journey to Jannah ke-3 ini dapat menjadi contoh touring yang santun dan menaati aturan lalu lintas yang berlaku. Manfaatnya bukan hanya untuk MBI tapi melainkan seluruh biker atau anak motor secara umum. Pernah dalam satu perjalanan touring menggunakan jasa pengawalan dari Kepolisian, namun saat terjebak lampu merah rombongan MBI memilih sampai lampu lalu lintas berwarna hijau.

Hal lain yang dapat dirasakan manfaatnya adalah untuk penginapan, restoran dan tempat wisata MBI selalu memilih yang sudah sesuai dengan tuntunan dalam Islam. Misalnya saja untuk hotel, setiap hotel yang digunakan oleh rombongan J2J syaratnya harus yang sudah menerapkan sistem syariah. Ke depannya diharapkan setiap biker akan mendapatkan referensi hotel, restoran, dan tempat wisata yang sesuai dengan tuntunan agama.

Ari Widodo, Ketua Umum Muslim Biker Indonesia (MBI) mengungkapkan harapannya bahwa kegiatan J2J ini yang diikuti oleh tiga ustaz yakni Ustaz Subhan Bawazier hadifzahullah, Ustaz Abdurrahman Dani hadifzahullah, dan Ustaz Muhammad Syukron dapat memberikan manfaat.

“Journey to Jannah diharapkan bisa menimbulkan kecintaan kita akan indahnya alam Indonesia, serta untuk mempererat silaturahmi sesama biker yang kita lalui mulai dari Jakarta hingga Bali. Apalagi kita akan mendapatkan tambahan ilmu dari pada ustaz yang ada dalam rombongan. Kami berharap peserta yang ikut dalam J2J ini pada khususnya dapat meningkatkan akhlak ridng dengan mematuhi aturan berlalu lintas selama perjalanan dan tentunya makin menimbulkan kecintaan akan alam Indonesia.” turut Ari Widodo.

Ketum MBI juga menambahkan alasannya J2J ke-3 berakhir di Bali adalah karena keindahan alamnya yang juga patut disyukuri, dieksplorasi, dan dikenalkan yang masih belum terjamah kepada masyarakat luas.

Support ulil amri
Selain berperilaku santun di jalan raya dengan menaati aturan yang berlaku, J2J atau setiap touring yang dilakukan oleh MBI setidaknya dapat membantu ulil amri (pemerintah). Di sisi lain dengan berkunjungnya rombongan MBI ke tempat-tempat wisata yang syari dan hotel yang syariah, hal tersebut juga turut membantu masyarakat dan pelaku usaha hingga akhirnya memberikan dampak positif kepada pemerintah dan negara pada umumnya. Kegiatan J2J ke-3 ini juga mendapat dukungan dari Perkumpulan Wisata Otomotif Indonesia (PWOI). (Rls/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here