5 Tips Merawat Sepeda Motor Saat Musim Hujan

0

5 Tips Merawat Motor

Berikut 5 tips merawat sepeda motor saat musim hujan dari Wahana Honda:

⦁ Memeriksa tekanan angin dan permukaan pada Ban
Musim hujan membuat jalan basah dan menjadi licin yang menyebabkan banyaknya terjadi kecelakaan saat musim hujan. Karena itu harus selalu mengecek permukaan ban apakah sudah halus atau belum, untuk menghindari terpeleset saat berkendara. Selalu periksa tekanan angin pada ban karena saat musim hujan jalanan akan tertutupi oleh genangan, jika melewati genangan saat ban tidak dalam kondisi baik dapat menyebabkan kebocoran.
⦁ Cek kondisi Rem
Setelah menerobos banjir dan hujan selalu cek kanvas rem terutama bagian cakram. Karena cakram terletak diluar dan akan banyak kotoran yang amsuk saat menerobos banjir, kalau tidak dibersihkan dapat mempengaruhi kinerja rem.
⦁ Cuci motor secara rutin
Saat musim hujan membuat kebanyakan kita menjadi malas mencuci motor karena beralasan nanti akan kotor lagi. Mencuci motor saat musim hujan itu harus, bukan hanya menghilangkan kotoran yang menempel, tapi juga sisa-sisa air hujan yang menempel. Air hujan dan genangan air yang menempel pada motor akan menyebabkan karat.
⦁ Selalu Panaskan Mesin
Saat motor terkena hujan, maka komponen mesin akan dingin sepenuhnya. Bila tidak dipanaskan terlebih dahulu setelah mesin terkena hujan, dikhawatirkan mesin dan kondisi motor akan cepat rusak.
⦁ Selalu Periksa dan bersihkan Kelistrikan Motor.
Jika motor basah setelah terkena hujan cobalah sekali-kali periksa dan bersihkan kelistrikan. Jika ada endapan air atau air yang di sekitar kelistrikan karena jika tidak dibersihkan dikhawatirkan akan menyebabkan motor korselet. (Ulwan/Contrib/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here