Sepeda Motor Mogok, Bisa Jadi Penyebabnya ini

0

Sepeda Motor Mogok

2. Kondisi Busi Yang Sudah Aus Atau Rusak
Salah satu menyebabkan motor susah dinyalakan adalah karena kondisi businya. Busi pada motor merupakan komponen kecil yang memiliki fungsi besar dalam operasional kendaraan. Keberadaannya berguna sebagai pengubah tegangan listrik menjadi percikan api yang membantu dalam proses pembakaran bahan bakar.

Umumnya, busi memiliki usia pakai setelah menempuh perjalanan 10 ribu kilometer. Lebih dari itu, fungsinya akan mengalami penurunan sehingga kinerjanya tidak optimal. Maka diperlukan penggantian busi secara berkala.

Sepeda Motor Mogok

3. Karburator Yang Mulai Bermasalah
Masalah pada karburator juga dapat memicu motor yang enggan untuk menyala. Karena komponen yang satu ini juga erat kaitannya dengan proses pembakaran. Sehingga saat terjadi masalah di bagian karburator maka proses pembakaran akan terganggu yang menyebabkan mesin sulit untuk menyala atau bahkan mogok saat Anda kendarai.

4. Klep motor yang terlalu renggang
Bensin akan mengalir dari karburator melewati klep sebelum akhirnya akan bertemu dengan silinder mesin. Ukuran klep ini biasanya mempengaruhi aliran bahan bakar yang masuk ke dalam tabung. Jika terlalu renggang atau kendor dapat menyebabkan mesin motor yang sulit untuk dinyalakan. Ini dikarenakan bahan bakar yang masuk ke dalam silinder tidak sesuai dengan yang dibutuhkan atau kurang untuk melakukan proses pembakaran di awal.

Itulah penyebab yang mungkin jadi penyebab sepeda motor sulit dinyalakan. Tetapi yang terpenting pastikan motor anda terawat dengan rutin service di bengkel terpercaya, agar berkendara menjadi lebih aman dan nyaman. (Alvito/Contrib/NM)

LEAVE A REPLY

*