Pemenang AHMBS 2022, Usung Kepedulian Lingkungan dan Sosial

0
Pemenang AHMBS 2022
Presentasi karya siswa SMA peserta AHMBS 2022. Foto: istimewa

NaikMotor – Dalam ajang Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) 2022, PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan bagi siswa SMA multitalenta terbaik. Berikut Pemenang AHMBS 2022 tersebut.

AHMBS 2022 merupakan gelaran ke-20, mengangkat tema “Berkreasi Menebar Inspirasi” menyeleksi karya 622 siswa SMA sederajat dari seluruh Indonesia. Terdapat dua kategori karya yang dinilai pada ajang ini, yakni ide dan invensi/ temuan dengan topik Social Development Goals (SDG’s) atau tujuan pembangunan berkelanjutan, serta didukung keaktifan siswa dalam kegiatan sosial hingga non akademik.

Pemenang AHMBS 2022
Vania Halyadevi

Berdasarkan seleksi berjenjang hingga tingkat nasional, AHM memberikan apresiasi tertinggi level Gold untuk ide terbaik kepada Vania Halyadevi dari SMAN 3 Yogyakarta. Siswi ini berupaya meningkatkan kesehatan pada balita melalui ide pembuatan susu olahan dari biji kapuk yang berada di lingkungan sekitarnya.

Pada kategori invensi, Sekar Ayu Ramadhani dari SMAN 8 Malang, Jawa Timur berhasil meraih apresiasi tertinggi level Gold melalui karya mesin pengering biji kopi dengan tenaga surya sebagai sumber energi penggerak sistem kerja mesin. Melalui pengembangan ini, kinerja mesin dapat memangkas waktu proses pengeringan menjadi hanya 1 hari dari sebelumnya 14 hari menggunakan tenaga matahari secara langsung.

Karya siswa SMA lainnya yang tak kalah menarik pada kategori ide ditunjukkan oleh Ni Luh Ade Sinta Dewi wakil dari SMAN Bali Mandara, Buleleng, Bali yang meraih apresiasi level Silver. Dia mengajukan ide energi terbarukan berupa baterai dari limbah kegiatan upacara keagamaan di wilayahnya.

LEAVE A REPLY

*