Pentingnya Tutup Pentil Ban, Bukan Soal Kena Tilang

0
Pentingnya Tutup Pentil Ban
SIapa bilang tutup pentil ban tidak penting? Foto: dok NMC

NaikMotor – Tutup pentil ban atau valve cap walaupun bentuknya kecil tetapi memiliki peran yang besar. Pentingnya tutup pentil bukan karena bakal ditilang kalau tidak ada, tetapi punya peran penting bagi keselamatan.

Tutup pentil ban atau valve cap mempunyai fungsi tersendiri bagi ban motor. Wahana Honda menjabarkan beberapa fungsi dari benda kecil tersebut.

Berikut beberapa fungsi pentingnya tutup pentil ban: :

Cegah Kotoran Masuk

Saat ingin mengurangi tekanan angin ban, bisa dilakukan dengan menekan bagian penonjok pada tengah pentil. Dengan cara ini, udara dari dalam ban akan segera keluar. Tanpa ditekan atau tertusuk benda tajam, ban tidak akan mengempis, termasuk ketika pentil tidak diberi tutup.

Namun begitu, pentil perlu ditutup agar terhindar dari kemasukan kotoran atau benda asing. Misalnya debu, pasir, benda keras, atau kotoran lainnya yang berserakan di perjalanan.  Ketika pentil tidak ditutup dan kemudian benda asing masuk, akan berakibat mengotori sil karet.

Komponen sil karet ini berfungsi sebagai penahan angin agar angin di dalam ban tidak bocor atau keluar. Jika sil karet rusak bisa mengakibatkan kebocoran halus. Ketika bagian dalam ban terisi kotoran, juga bisa menimbulkan kesulitan saat akan dilakukan pengisian angin.

Karenanya kebersihan pentil perlu diperhatikan. Meskipun sudah memakai penutup, kebersihannya wajib dijaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here