Pentingnya Tutup Pentil Ban, Bukan Soal Kena Tilang

0

Penting tutup pentil ban

Tekanan Angin Terjaga

Fungsi lain dari tutup pentil motor atau mobil yaitu untuk menjaga tekanan angin dalam ban agar angin tidak keluar atau bocor.  Walaupun tanpa ditutup, angin dalam ban tak akan keluar. Dengan ditutup, ini akan mencegah keluarnya angin saat terjadi tekanan tak terduga.

Jika dalam perjalanan, ban motor sangat mungkin  akan melindas batu atau benda lain yang membuat roda tertekan.  Jika ini terjadi dan pentil tidak memiliki penutup, angin dalam ban yang tertekan akan keluar.

Berbeda saat pentil ditutup, tekanan angin tak akan bisa keluar karena terhalang, sehingga ban tidak kempes. Dengan pentil yang ditutup juga akan mencegah terjadinya rembesan udara dari dalam yang mungkin terjadi.

Cegah Ban Pecah

Saat kendaraan digunakan untuk melaju di jalanan, perlu tekanan ban yang ideal. Kondisi yang demikian bisa membahayakan pengendara. Pasalnya, dalam kondisi tersebut kawat penyangga pada ban akan bekerja lebih guna menahan beban ekstra yang disebabkan tekanan udara berkurang. Pada bagian dalam ban terdapat bahan logam yang akan berkarat atau mengalami korosi ketika bersentuhan langsung dengan air.

Korosi ini bisa terjadi pada katup yang kemudian membuatnya mengalami kebocoran. Pastikan bahwa valve cap pada motor terpasang dengan baik guna menghindari berbagai kemungkinan buruk yang bisa terjadi. Pasalnya tak menutup kemungkinan saat penggunaan sehari-hari terdapat aksesoris kecil yang rusak atau hilang. Misalnya saat dalam perjalanan, ban kendaraan Anda akan sangat mungkin melindas batu atau benda lain yang membuat roda tertekan.

Jika saat demikian pentil tidak memiliki penutup, maka angin dalam ban yang tertekan akan keluar. Dengan pentil yang ditutup juga akan mencegah terjadinya rembesan udara dari dalam yang mungkin terjadi. (Ulwan/Contrib/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here