Yamaha Siapkan Regenerasi Pembalap MotoGP

0
Wilco_Zeelenberg
Wilco Zeelenberg ditugaskan Yamaha untuk memantau pembalap muda berbakat. Foto: Motorsport

Lesmo (naikmotor) – Yamaha mulai serius untuk mencari bibit pembalap muda untuk regenerasi, termasuk di ajang MotoGP. Guna melancarkan langkah tersebut, mereka mempercayakan Wilco Zeelenberg sebagai agen pencari bakat.

Pria yang juga memangku jabatan sebagai track analyst untuk Jorge Lorenzo itu telah mengemban tugas sebagai pencari bakat tersebut sejak tahun lalu.Tugasnya yakni memantau penampilan pembalap muda yang masuk dalam radar untuk digaet, kemudian melakukan pendekatan.

“Yang saya lakukan adalah mendekati (pembalap) anak-anak, melihat bagaimana mereka berlaga, berlatih, dan tingkah lakunya,” ucap Zeelenberg dikutip dari Motorsport.

Saat ini, Yamaha tidak memiliki kontribusi di Moto3, dan tidak menyokong tim manapun di Moto2. Mereka juga tidak memiliki ajang pembibitan pembalap muda, seperti yang dimiliki Honda saat ini seperti Asia Talent Cup, fakta tersebut menjadi tantangan sendiri untuk mulai melakukan perekrutan kepada penerus generasi.

Meski tidak memiliki wadah besar untuk merekrut pembalap muda, menurut Zeelenberg, Yamaha memiliki daya tarik sebagai tim besar yang merajai ajang MotoGP.

Guna memulai langkah, Yamaha baru saja menjalin kesepakatan dengan sekolah balap Valentino Rossi’s Racing School. Akademi balap besutan The Doctor itu akan menjadi sponsor sekaligus penyuplai pembalap untuk Yamaha di masa mendatang.

“Proyek (kerjasama) dengan Vale’s academy merupakan langkah sempurna. Itu dapat membantu di masa depan,” Cetus Zeelenvberg lagi. Namun, saat ini akademi balap Rossi itu hanya memiliki perwakilan di ajang Moto3, masih terlalu dini untuk dapat diorbitkan langsung ke MotoGP. (Yudistira/nm)

LEAVE A REPLY

*